PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU DI SMK BHINNEKA KARAWANG

Hilmi Fadilah, Hilmi Fadilah

Abstract


Penelitian ini bertujan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan terhadap produktivitas kerja guru di SMK Bhinneka Karawang. pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif menggunakan metode ex post facto. Kepala sekolah dan guru merupakan populasi penelitian yang berjumlah 45 orang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh populasi. Observasi, angket dan dokumentasi digunakan sebagai cara pengumpulan data penelitian. Penelitian ini memperoleh hasil  yang menyatakan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja guru, dengan nilai signifikasi 0,037. Serta hasil dari perolehan analisis statistik deskriptif kepala sekolah dan produktivitas kerja guru berada di kategori sedang dengan nilai persentase sebesar 66,7% dan 73,3%, dengan nilai persamaan regresi 52,370 + 0,390 X yang menunjukan berpengaruh positif.


Keywords


principal, leadership , teacher work productivity

Full Text:

PDF

References


A Susanto. (2016). Konsep, Strategi, dan Implementasi Manajemen Peningkatan Produktivitas kerja Guru. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Abas, Erjati. (2017). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Jakarta :PT Elex Media Komputindo

Hidayat. (2019). Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Banten: Yayasan Pendidikan dan Sosial Indonesia Maju (YPSIM).

Ibrahim, Andi. Dkk. (2018). Metodelogi Penelitian. Makassar: Gunadarma Ilmu.

Marsam. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompetensi, Dan Komitmen Terhadap Kinerja Pegawai Pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Lingkungan Yapis Cabang Kabupaten Biak Numpor. Jawa Timur : Qiara Media.

Mahawati, Eni. Ika, Yuniawati.dkk. (2021). Analisis Beban Kerja dan Produktivitas Kerja. Medan: Yayasan Kita Menulis

Nizar , Syamsul. Hasibuan, Zainal Efendi. (2019).Kepemimpinan Pendidikan dalam Prespektif Hadis (Telaah Historis Filosofis). Jakarta: Kencana.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Tahun 2007 No 16, standar kualfikasi akademik dan kompetensi guru

Peraturan Pemerintah. Tahun 1990 No 28, Pendidikan Dasar

Pianda, Didi. (2018). Produktivitas kerja Guru: Kompetensi Guru, Motivasi Kerja, Kepemimpinan Kepala Sekolah. Sukabumi.

Sagala, Syaiful. (2018). Pendekatan dan Model Kepemimpinan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Siyoto, Sandu. M Ali Sodik. (2015). Dasar Metodelogi Penelitian.Yogyakarta : Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2013). Metedo Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Riduwan. (2020). Belajar Mudah Penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang RI.Tahun 2005 No 14, Guru dan Dosen.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.302-310

Article Metrics

Abstract view : 654 times
PDF - 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.