PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN VIRTUAL MELALUI ZOOM MEETING PADA MATA KULIAH PAI DI PROGRAM STUDI KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

Muyasaroh Muyasaroh, Nadiyah Syifa Adeliyah, Fida Nur Kholidah

Abstract


Urgensi pembelajaran secara virtual sudah tidak bisa dipungkiri, hal ini sesuai kebutuhan dan tuntutan zaman. Pembelajaran virtual merupakan proses kegiatan belajar mengajar yang menggunakan jaringan internet. Aplikasi zoom metting menjadi salah satu pilihan media yang populer digunakan pada pembelajaran virtual, namun tidak semua media mampu memfasilitasi mahasiswa dalam menguasai materi yang diberikan. Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Unmuh Gresik selaku pengguna pembelajaran berbasis virtual dan zoom meeting dalam mata kuliah PAI menjadi obyek penelitian ini. Sehingga presepsi atau respon ini diperlukan sebagai upaya penilaian terhadap pembelajaran virtual yang dilakukan terlaksana dengan baik atau butuh perbaikan. Berdasarkan latar belakang tersebut maka perlu di teliti lebih dalam mengenai persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran virtual melalui zoom metting pada mata kuliah PAI di Program studi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Gresik dengan tujuan mengetahui respon mahasiswa tentang pembelajaran berbasis virtual melalui zoom metting. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan data statistik karena menggunakan angket dalam pengambilan data utama sekaligus wawancara sebagai pendukung data. Hasil dari prosentase dari skala linkert diperoleh bahwa pembelajaran yang dilakukan secara virtual terlaksana dengan baik hal ini sesuai indicator responpositif dari mahasiswa dari skala linker dengan rata rata skor pertanyaan sebesar 91,7 dan rata rata skor masing masing responden sebesar 83 dengan kategori sangat baik atau sangat setuju. Namun dari hasil wawancara masih ada masalah yang klasikal yakni karena aplikasi bersifat gratis maka 40 menit aplikasi menutup sendiri, dibutuhkan jaringan wifi yang kuat dan membutuhkan kuota besar sehingga tekesan mahal.

Keywords


persepsi mahasiswa, pembelajaran virtual, zoom metting.

Full Text:

PDF

References


Adijaya, N.,& Santoso L. P, (2018) Persepsi mahasiswa dalam pembelajaran on line. Wanastra Vol 10, No 2. DOI: https://doi.org/10.31294/w.v10i2.3931.

Anwar Desi, (2002). Kamus dan Bahasa indonesia Modern. Surabaya : Amelia

Arikunto, Surhasini. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Jakarta : PT. rineka Cipta

Haqien, Danin, Aqilla Afiifadiyah Rahman (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan)Vol. V No. 1. DOI: http://dx.doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511.

Ikhsania P, Lolita, (2020), Kelebihan dan Kelemahan Aplikasi Zoom Meeting sebagai Media Pembelajaran Daring. Kompasiana biyond Blogging, 25 Desember , Url : https://www.Kompasiana .com/lolitaikhsania/5fe5c3288ede486e256b58e3/kelebihan-dan-kelemahan-aplikasi-zoom-meeting-sebagai-media-pembelajaran-daring-dalam-jaringan-online-pada-masa-pandemi-covid-19

Moleong, Lexi J, (1989) Metode Penelitian Kualitatif (Bandung : PT. Remaja Rosda Karya)

Oktaviani Hesti, Uun Fitriana, Nadiah Qonita, Sayidin, (2020). Model Pendekatan Pembelajaran Virtual di MI Ma’arif NU Limbangan. Edukasia Jurnal Penelitian Pendidikan Islam Vol. 15 No.1 DOI: 10.21043/edukasia.v15i1.6787.

Puspa Sari Haryanti, 20217 hal yang harus diperhatikan dalam pembelajaran jarak jauh selama Covid-19, artikel kompas.com 04/07/2020 https://nasional.kompas.com/read/2020/07/04/18400611/7-hal-yang-harus-diperhatikan-dalam-pembelajaran-jarak-jauh-selama-covid-19

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Theffidy Shintya Gugah Asih, (2020) OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA ombudsman.go.id dengan URl : https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--pendidikan-era-revolusi-industri-40-di-tengah-covid-19#:~:text=Ahli%20teori%20pendidikan%20sering%20menyebut,maupun%20non%20fisik%20dalam%20pembelajaran.&text=Pengajar%20diharapkan%20mampu%20meramu%20pembelajaran. Diakses, 3 januari 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.228-238

Article Metrics

Abstract view : 878 times
PDF - 385 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.