SUPERVISI AKADEMIK KEPALA MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KARAWANG

Indah Yayang Wijayanti, Hinggil Permana

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menggali bagaimana program supervisi akademik yang dilakukan kepala Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang. Metode penelitian ini menggunakan  pendekatan kualitatif deskriptif, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi, subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan guru-guru. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan supervisi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang dilakukan dengan cara membuat perencanaan, melaksanakan supervisi dan menindak lanjuti hasil supervisi, Teknik yang digunakan dalam pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang menggunakan Teknik secara langsung dilakukan perindividu dengan guru-guru yang akan di supervisi, dan teknik perkelempok yaitu dengan pelatihan rapat rutin maupun diskusi, pendekatan yang dilakukan kepala madrasah yaitu dengan pendekatan secara langsung yaitu dengan meninjau secara langsung di ruangan kelas. Pendekatan secara tidak langsung yaitu dengan melihat atau meninjau dengan tidak masuk keruangan kelas dan menilai di luar jam pelajaran. Hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan supervisi akademik di Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang pertama terkendala atau kurang tepatnya waktu yang telah direncanakan dalam pelaksanaan supervisi dan kurang tercapainya supervisi akademik, karena kurang didukung oleh fasilitas yang memandai di madrasah.


Keywords


Madrasah Aliyah, Supervisi Akademik, Kepala Madrasah

Full Text:

PDF

References


Depertemen Pendidikan Nasional, 2007. Pendidikan dan Pelatihan: Supervisi Akademik dalam Peningkatan, Profesionalisme Guru, Jakarta: Depertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Drs. H.M. Daryanto, 2011. Administrasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Imron, Ali, 2001. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

M. Ngalim Purwanto, 2014. Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah dalam rangka melaksanakan supervisi akademik di sekolah

Prof,Dr,.H.Djaman satori dan Dr. Hj. Cicih Sunarsih, 2018 Adminstrasi Pendidikan Teori dan Praktek, Bandung: Alfabeta

Wijaya, C. dan Rusyan A.T, 1994. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.239-246

Article Metrics

Abstract view : 387 times
PDF - 314 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.