PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR TARUNA MADYA POLTEKIP (Studi Kasus Taruna Madya Poltekip Program Studi Manajemen Pemasyarakatan)
Abstract
Pola asuh orang tua yang tepat akan berdampak positif terhadap motivasi belajar yang tinggi bagi seorang taruna, karena orang tua adalah salah satu semangat dan motivasi dalam menjalani pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar Taruna Madya Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas dan terikat. Sampel yang digunakan berjumlah 77 Taruna Madya Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Teknik penarikan sampel yang digunakan teknik random sampling dan menggunakan instrument pengumpulan data melalui kuesioner melalui googleform. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan disignifikan dari pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar Taruna Madya Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa hipotesisi menunjukkan variabel pola asuh orang tua mempunyai pengaruh terhadap motivasi belajar taruna diperoleh nilai thitung sebesar (8.107) > ttabel (1,991) maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka pengaruh antara variabel pola asuh orang tua (X) terhadap motivasi belajar (Y) adalah bersifat positif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Supratiknya. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. In Universitas Sanata Dharma (Vol. 1). http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf
Basuki, A. (2015). Analisis Regresi dengan SPSS. Analisis Regresi Dengan SPSS, 57. https://eriskusnadi.wordpress.com/2009/12/12/analisis-regresi-dengan-spss/
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reabilitas Penelitian. In Mitra Wacana Media. www.mitrawacanamedia.com
Fitri Ainurrohmah, R. H. (2020). THE INFLUENCE OF MOTIVATION, LEARNING DISCIPLINE, TEACHER COMPETENCE, AND PARENTAL SUPPORT ON ACADEMIC ACHIEVEMENT OF STUDENTS (STUDY ON GAMA ENGLISH COURSE SUKOHARJO). International Journal of Economics, Business and Accounting Research IIJEBAR), 44(8), 1689–1699. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201
Presiden Republik Indonesia. (1999). Undang-Undang No . 39 Tahun 1999 Tentang : Hak Asasi Manusia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Thn 1999 Tentang Hak Asasi Manusia, 39, 43.
Ramadhani, H. S. (2017). EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN SCL (STUDENT CENTERED LEARNING) DAN TCL (TEACHER CENTERED LEARNING) PADA MOTIVASI INSTRINSIK & EKSTRINSIK MAHASISWA PSIKOLOGI UNTAG SURABAYA ANGKATAN TAHUN 2014 – 2015 Hetti. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 6(2), 66–74.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif.
Wisenblit, J. Z., Priluck, R., & Pirog, S. F. (2013). The influence of parental styles on children’s consumption. Journal of Consumer Marketing, 30(4), 320–327. https://doi.org/10.1108/JCM-02-2013-0465
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.214-227
Article Metrics
Abstract view : 553 timesPDF - 291 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.