PENERAPAN STRATEGI QUANTUM QUOTIENT DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUTU MUHAMMADIYAH TELUK KUANTAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Abstract
Pembelajaran dihadapkan terhadap berbagai problem khususnya terkait dengan langkah mencapai tujuan yang telah ditetapkan, oleh karena itu penelitian ini akan menganalisis penggunaan Quantum Quotion, secara khusus tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas kontrol dan kelas eksperimen sebelum penggunakan strategi Quantum Quotient di SMP Muhammadiyah Teluk Kuantan 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah penggunaan strategi Quantum Quotient di SMP Muhammadiyah Teluk Kuantan 3) Berapa besar kontribusi penggunaan strategi Quantum Quotient terhadap hasil belajar pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Teluk Kuantan 4) Untuk mengetahui dan menguji interaksi antara pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Teluk Kuantan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif menggunakan metode penelitian quasi eksperiment, dengan menggunakan teknik pengumpulan data seperti observasi,pre test dan post test, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Quotient dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. 2) terdapat perbedaan yang sinifikan hasil belajar siswa yang diajarkan setelah menggunakan strategi quantum quotient dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional; 3) terdapat beberapa kontribusi penggunaan terhadap hasil belajar siswa yang yang diajarkan menggunakan strategi quantum quotient dengan pembelajaran konvensional; 4) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran siswa terhadap hasil belajar PAI siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afurobi, Ada and others, (2015). ‘Effects of the Use of Lecture Method and Wordle on the Performance of Students Taught Curriculum Studies 1: EDU222’, Journal of Education and Practice, 6.18, 142–49.
Alaagib, Nouralsalhin Abdalhamid; Musa, Omer Abdelaziz; and Saeed, Amal Mahmoud, (2019) ‘Comparison of the Effectiveness of Lectures Based on Problems and Traditional Lectures in Physiology Teaching in Sudan’, BMC Medical Education, 19.1, 1–8 .
Aprianto, Aprianto; Ritonga, Mahyudin; Marlius, Yoni; Nusyur, Raihan (2020). ‘The Influence of Using Audio-Lingual Method on Students’ Speaking Skill in Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyyah’, Izdihar : Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3.2, 147–60 .
Hakim, Rosniati and Ritonga, Mahyudin. (2018). ‘A Study of Religion Education Method With Multicultural Insight’, in International Seminar on Islamic Education (ISIE 2018) Faculty of Islamic Religion, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, July 07th, 2018, pp. 81–97.
Khanzadi, Mostafa Ehsan; Eshtehardian, and Esfahani, Mahdiyar Mokhlespour, (2017).‘Cash Flow Forecasting with Risk Consideration Using Bayesian Belief Networks (BBNS)’, Journal of Civil Engineering and Management, 23.8, 1045–59 .
Muslim, Buchori; Suryaningsih, Siti; and Aprianti, Rizqa Fadhila. (2013). ‘Analysis of Students’ Creative Thinking Ability With Problem Solving in Terms of Adversity Quotient’, TARBIYA: Journal of Education in Muslim Society, 7.2, 217–25.
Pramudita, Ratna (2018). ‘Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk’, Desimal: Jurnal Matematika, 1.2, 245–55 .
Sanda, Amina Abba and Mazila, Ester A. (2017). ‘The Effect of Lecture and Discussion Methods of Teaching on Learner’s Performance in Social Studies in Continuing Education Institution Borno State, Nigeria’, Frontiers of Knowledge Journal Series, 1.1, 1–40.
Wegner, Claas; Minnaert, Lea; and Friederike Strehlke, (2013). ‘The Importance of Learning Strategies and How the Project “Kolumbus-Kids” Promotes Them Successfully’, European Journal of Science and Mathematics Education, 1.3 , 137–43 .
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.191-204
Article Metrics
Abstract view : 1312 timesPDF - 529 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.