PENGARUH LOCUS OF CONTROL PADA MOTIVASI BELAJAR TARUNA MADYA POLTEKIP PROGRAM STUDI MANAJEMEN PEMASYARAKATAN

Jasuma Bakti Prima Shinta, Kusmiyanti Kusmiyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh locus of control terhadap motivasi belajar Taruna Madya Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat expost-facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Sampel yang digunakan oleh peneliti berjumlah 78 orang Taruna Madya Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dan menggunakan instrumen pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan dari locus of control terhadap motivasi belajar Taruna Madya Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Berdasarkan dari hasil penelitian ini diketahui bahwa hipotesis menunjukkan bahwasannya locus of control memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar taruna diperoleh nilai thitung (6,307) > ttabel (1,995) maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga pengaruh antara variabel locus of control (X) terhadap motivasi belajar (Y) ialah bersifat positif.

Keywords


Locus of Control, Motivasi Belajar, Taruna

Full Text:

PDF

References


Hanzah B, U. (n.d.). BAB II Kajian Teori. In Teori Motivasi dan Pengukurannya (pp. 10–24). Universitas Islam Negeri Surabaya.

Hermawan, F., & Kaban, D. (2017). Pengaruh Locus Of Control Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Di PT X). Jurnal Manajemen Bisnis, 5(1), 31–39.

Ikang Nuria, S. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Visual Pada Materi Upaya Meningkatkan Kualitas Kerja Mata Pelajaran Ekonomi Semester I Kelas XI Ma Negeri Nagekeo Tahun. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(5), 55. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index

Lefcourt, H. M. (1991). Locus of Control. In Measures of Personality and Social Psychological Attitudes (Third Revi). Academic Press, Inc. https://doi.org/10.1016/b978-0-12-590241-0.50013-7

Penelitian Expost Facto. (2005). academia.edu

Prihartanta, W. (2015). Teori-Teori Motivasi. Jurnal Adabiya, Tahun 2015, Vol. 1 No.(83), 1–11. https://www.academia.com

Ratna, A., Sundoro, B., M.H, B., Bestari, S. A., & Suprapto. (2013). TEORI MOTIVASI DUA FAKTOR Frederick Herzberg’s Theory.

Setyowati. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Smpn 13 Semarang Skripsi.

Sujadi, E. (2018). Pengaruh Konsep Diri Dan Locus of Control Terhadap Motivasi Berprestasi. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1), 32. https://doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4808

Wahyuningsih, P. (2011). Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sosiologi kelas XI Madrasah Aliyah Al-Iman Kota Magelang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.167-181

Article Metrics

Abstract view : 1536 times
PDF - 502 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.