PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR (SELF REGULATED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR TARUNA POLITEKNIK ILMU PEMASYARAKATAN

Esternia Naibaho, kusmiyanti kusmiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Program Studi Manajemen Pemasyarakatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua sumber yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer di dapat dari penyebaran kuesioner google form dan Sumber Sekunder yaitu jurnal, buku dan internet. Populasi dalam penelitian adalah  Taruna Muda Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Program Studi Manajemen Pemasyarakatan sebanyak 103 orang. Teknik Pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling. Sampel yang digunakan 82 orang Taruna Muda. Hasil Penelitian menunjukan Kemandirian Belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan Program Studi Manajemen Pemasyarakatan dengan nilai Thitung 10,867 > Ttabel 1,990 yang dapat disimpulkan  Ha diterima dan H0 ditolak, dan terdapat pengaruh antara variabel X dan Y yang bersifat positif.


Keywords


kemandirian belajar, hasil belajar, Taruna

Full Text:

PDF

References


Coffman, Donna L., and Tammy D. Gilligan. 2002. “Social Support, Stress, and Self-Efficacy: Effects on Students’ Satisfaction.” Journal of College Student Retention: Research, Theory & Practice 4(1): 53–66.

Grant-Vallone, Elisa, Kelly Reid, Christine Umali, and Edward Pohlert. 2003. “An Analysis of the Effects of Self-Esteem, Social Support, and Participation in Student Support Services on Students’ Adjustment and Commitment to College.” Journal of College Student Retention: Research, Theory & Practice 5(3): 255–74.

Nicpon, Megan Foley et al. 2006. “The Relationship of Loneliness and Social Support with College Freshmen’s Academic Performance and Persistence.” Journal of College Student Retention: Research, Theory and Practice 8(3): 345–58.

Vatankhah, Moazam, and Nooshin Tanbakooei. 2014. “The Role of Social Support on Intrinsic and Extrinsic Motivation among Iranian EFL Learners.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 98: 1912–18. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.03.622.

Heldie. 2019. “Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa.” Madrosatuna : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 2(1): 21–28.

Mahasiswa, Akademik Pada. 2013. “Self Regulated Learning (SRL) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 01(01): 145–55. https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/1364.

Muhammad, Iryana. 2020. “Pengaruh Perkuliahan Daring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Malikussaleh.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi 4(1): 24–30.

Ranti, Mayang Gadih, Indah Budiarti, and Benny Nawa Trisna. 2017. “Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar.” Math Didactic 3(1): 75–83.

Zimmerman, B. J. (1989). A Social Cognitive View of Self Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology. 3. Hlm. 330-410.

Zimmerman,B. J (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achieevement: An Overview. Journal of Educational Psychology. 25(1). Hlm.3-17




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i2.156-166

Article Metrics

Abstract view : 734 times
PDF - 282 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.