PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI PADA SISWA KELAS XI IPS 2 MAN 2 KAMPAR

Martini Martini

Abstract


PTK ini bertujuan untuk  menguji  penerapan model pembelajaran artikulasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi Menulis Teks Prosedur, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Siswa kelas XI di  Madrasah Aliyah Negeri 2 tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat antara lain sebagai berikut bagi peserta didik dapat meningkatkan motivasi dan hasil mereka dalam menulis teks prosedur pada mata pelajaran Bahasa Indonesia meningkat. Penerapan model pembelajaran artikulasi berbasis penemuan dapat dikembangkan dan diterapkan pada kelas lain. Manfaat hasil penelitiaan yang diharapkan bagi guru, antara lain sebagai berikut:Merupakan upaya guru dalam menunjang program pemerintah pusat dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa, khususnya dalam pelajaran bahasa Indonesia,Adanya inovasi model pembelajaran bahasa Indonesia dari dan oleh guru yang menitikberatkan pada penerapan model. Manfaat penelitian yang diharapkaan bagi sekolah, artikulasi MAN 2 Kampar adalah diperoleh panduan inovatif model pembelajaran bahasa Indonesia  berbasis penemuan. Selanjutnya, diharapkan dapat dipakai untuk kelas-kelas lain, di MAN 2 Kampar maupun MA lainnya.Diharapkan akan mengurangi adanya siswa MAN 2 Kampar yang belum tuntas dalam materi Menulis Teks Prosedur yang disebabkan oleh rendahnya nilai bahasa Indonesia.


Keywords


Menulis, Motivasi, Artikulasi

Full Text:

PDF

References


rends, Ricard I, 1997, Classroom Intruction and Management, Toronto, McGraw-Hill

Depdiknas .2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. tentang sistem pendidikan nasional.

Hokins, David, 1992, A Guide to Classroom Research, 2nd ed. Open University Press

Moeleong, L.J., 1991, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nurhadi dan Sentuk, Agus, Gerrad. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: UM Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i1.75-81

Article Metrics

Abstract view : 356 times
PDF - 155 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.