EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (ONLINE) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 101223 LIANG

Putri Lestari Simamora, Mohd. Arifin, Yuni Rhamayanti

Abstract


Pembelajaran matematika saat ini sangat tidak efisien karena adanya covid 19 (Corona Virus Disease), yang menyebabkan proses pembelajaran tidak dapat bertatap muka secara langsung antara guru, siswa dan teman-temannya. Oleh karna itu karena pandemi covid 19 ini siswa diminta belajar dirumah dengan menggunakan media daring  (online). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemudahan dan kendala pembelajaran online matematika kelas V SD Negeri 101223Liang.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang mengambil lokasi di SD Negeri 101223Liang. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduction, display, danconclusion.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan melalui wawancara observasi bahwa kemudahan pembelajaran online antara lain bagi guru hasil belajar siswa dapat diketahui secara langsung, kegiatan belajar tidak terbatas jarak, waktu dan tempat, dalam proses belajar dapat didampingi oleh orang tua, siswa dapat mengakses jaringan internet, siswa dapat memanfaatkan media yang ada dilingkungan sekitanya, memiliki banyak waktu dengan keluarga. Sedangkan kendala yang dialami guru dan siswa antara lain guru dalam mengevaluasi kegiatan belajar guru harus lebih fokus dan teliti, siswa atau orang tuanya tidak memiliki telepon genggam berbasis android, siswa atau orang tua tidak memiliki paket data internet, sulit memahami materi yang disampaikan guru lewat media online, kurangnya pemahaman orang tua sehingga mereka tidak dapat mengajarkan kepada anaknya, jaringan internetnya yang tidakstabil.


Keywords


Pembelajaran, Online,Siswa

Full Text:

PDF

References


Acep Roni Hamdani dan Asep Priatna, Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 pada Jenjang Sekolah Dasardi Kabupaten Subang, Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. Vol. Vi. No. 01.Juni 2020

Ahmadi H. Abu dan Uhbiyati Nur. September 2007,Ilmu Pendidikan. (Jakarta: PT Rineka Cipta)

Arikunto Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI. (Jakarta: Rineka Cipta)

Arnesi Novita Dan Hamid K Abdul. Juni 2015. Penggunaan Media Pembelajaran Online – Offline Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris, Dalam Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, Vol. 2. No. 1.

Hamalik Oemar. 2002. Proses Belajar Mengajar. (Jakarta: PT Bumi Aksara)

J. Moleong Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Rosdakarya). Kamarullah. Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol 1. No 1. 2017. “Pendidikan Matematika” Al-Kwarizmi: Jurnal

Mulyaning Tyas Ni’mah. dalam Skripsi Analisis Faktor Penyebab Kesulitan

Belajar Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang

Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students, Dalam Jurnal Wahyu Aji Fatma Dewi, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 2. No. 1April 2020

Nasution Lesmi juwita. dalam Skripsi Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Kurikulum 2013 Kelas IV SD Negeri 101871 Sidodadi Batang Kuis

Putri Utami Yuliza dan Alan Dheri Cahyono Derius, Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Padaproses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR).Vol. 1.No. 1. Juni 2020

Sugiono. 2013. Metode Penelitian Manajemen .(Bandung: Alfabeta)

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif, R & D. (Bandung: Alfabeta)

Suharsaputra Uhar. 2012. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif DanTindakan. (Bandung: PT Refika Aditama)

UU No.20 Tahun 2003 Tentang Sikdiknas Pasal 1 Ayat 20

Waskito, D. Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia, dalam jurnal Hamdan Husein Batubara, Pengembangan Media Pembelajaran Matematika berbasis Androiduntuk Siswa SD/MI. VOL.3. NO.1. OKTOBER. 2017




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i1.37-50

Article Metrics

Abstract view : 709 times
PDF - 414 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.