PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KUBUS DAN BALOK KELAS VIII-1 SMP MUHAMMADIYAH 29 PADANGSIDIMPUAN

Try Wahyuni, Agus Makmur, Yuni Rhamayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dikelas VIII-1SMP Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan. 2) mengetahui tingkat keaktifan siswa terhadap pembelajaran Problem Based Learning dikelas VIII-1SMP Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan. 3) mengetahui tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.

Jenis penelitian ini adalah PTK yang tujuannya untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan penerapan model Problem Based Learning. Adapun Subjeknya adalah siswa kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 29 Padangsidimpuan Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 27 siswa (12 perempuan dan 15 laki laki). Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning padasiklus I diperoleh dengan kategori minimal “cukup" yaitu 70,37% dan pada siklus II meningkat menjadi 85,18%. Peningkatan dari siklus I kesiklus II sebesar 14,81% dengan indicator pencapaian telah mencapai ≥ 80%. Kemudian untuk hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh dengan kategori “cukup” yaitu 74,90% pada siklus II 82, 42% dengan criteria “Baik”. Sedangkan untuk hasil observasi kemampuan guru pada siklus I dan siklus II diperoleh dengan kategori “Baik”.


Keywords


Pemahaman Konsep, Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2006, Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi aksara

Aunurrahman, 2013, Belajar dan Pembelajaran, Bandug: Alfabeta

Erman, Suherma,2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Remaja Rodaskarya

http://Jurnalnasional.ump.ac.id/index.Php/Khazanah/article/view/1062/983. Diakses pada tanggal 19 juli 2019 (13:12)

http://jurnaltarbiah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/download/188/175. Diakses pada tanggal 19 juli 2019 (17:13)

Mudjionodan Dimyati,2010, BelajardanPembelajaran, Jakarta : PT RinekaCipta

Rangkuti, Ahmad Nizar, 2016, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Cita Pustaka

Sagala, Syaiful, 2013,Konsep dan Makna Pembelajaran,Bandung : Alfabeta

Sanjaya, Wina, 2010, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajran, Jakarta :Kencana

Sudijino, Anas, pengantar evaluasi pendidikan, Jakarta : Raja Grafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i2.170-179

Article Metrics

Abstract view : 3339 times
PDF - 1826 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.