PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PENALARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 5 ANGKOLA TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan antara lain: Pertama, Mengetahui Peningkatan Kemampuan Penalaran matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle. Kedua, Mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle. Ketiga, Mengetahui peningkatan kemampuan guru mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle pada siklus I diperoleh dengan kategori minimal cukup yaitu 60 % dan pada siklus II meningkat 80 %. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 20 %.Dengan indicator pencapaian telah tercapai 80%. Kemudian untuk hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh kadar aktivitas siswa sebesar 79,01 % “Cukup” pada siklus II 88,36 % “Baik”. Peningkatan yang terjadi dari siklus I kesiklus II sebesar 9,35 %. Indikator pencapaian telah tercapai 80 %.Sedangkan untuk hasil observasi kemampuan guru paa siklus I Dan siklus II diperoleh dengan kategori “Baik”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,Suharsimi (2012). Dasar-dasar evaluasi Pendidikan.jakarta: PT
Bumi aksara
Arikunto,Suharsimi.(2015) . Penelitian Tindakan Kelas. Ajakata : PT . Bumi
Aksara
Dewi, Desiana Perdana Sari. 2014. Studi komparasi Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Inside OutsideCircle (IOC) dan Teams Assisted Individualization (TAI) Ditinjau Dari kreavitas dan Hasil Belajar pada
Pokok Bahasan Transformasi siswa kelas VII semester Genap Smp Negeri 4 kuninganTA. 2013/2014.Jurnal Akademis Gagasan Matematika/Vol.1No. 1
Dimyati, Mudjiono “ Belajar dan pembelajaran “: Rineka cipta
Febriani, Anisa.(2015) Kemapuan Penalaran Matematis dalam.
http://anisafebriani09.blogspot.com/2015/11/kemampuan -penalaran diunduh 06 agustus 2018
Hamalik, Oemar. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran.Jakarta : Bumi Aksara
Iskandar Dadang, Narsim.(2015). Penelitian Tindakan Kelas dan publikasinya
Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R& D. Kartasura: Fairus Media
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i1.58-63
Article Metrics
Abstract view : 392 timesPDF - 217 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.