PENERAPAN MODEL ADVANCE ORGANIZER DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN TRIGONOMETRI DI KELAS X MAS DARUL MURSYIDI TAHUN AJARAN 2019/2020

Puspa Riani Nasution

Abstract


Tujuan dari pelaksanaan penelitian adalah : (1) mengidentifikasi model Advance Organizer dengan menggunakan media peta konsep efektif diterapkan pada pokok bahasan perbandingan trigonometri di kelas X MAS Darul Mursyidi Sialogo, (2) mengetahui dengan diterapkannya model advance organizer menggunakan media peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perbandingan trigonometri di kelas X MAS Darul Mursyidi Sialogo. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Darul Mursyidi berjumlah 40 siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa pada tes pra tindakan tergolong kategori, karena dari 40 siswa yang mengikuti tes belajar awal terdapat 20 siswa yang tuntas (50%), dan yang belum tuntas belajar sebanayak 20 siswa (50%). Pada siklus I siswa yang tuntas belajar sebesar 62,5% dan pada siklus II persentase siswa yang tuntas belajar meningkat menjadi 87,5%. Ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perbandingan trigonometri melalui model Advance Organizer dengan menggunakan media peta konsep.


Keywords


Advance Organizer, Peta Konsep, hasil belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghoni, Djunaidi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UIN Malang Press.

Hamalik Oemar,. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mardianto, 2009. Psikologi Pendidikan. Bandung: Cita Pustaka.

Rohani, Ahmad. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan dan Desain Pembelajaran. Bandung: Kencana.

Sembiring, Suwah. 2007. Pelajaran Matematika Untuk SMA/MA Kelas X. Bandung: Yrama Widya

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta : Presatsi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i1.53-59

Article Metrics

Abstract view : 654 times
PDF - 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.