ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DENGAN PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL MADRASAH ALIYAH NAHDLATUL ’ULAMA BATANG TORU
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menjawab atau menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linear tiga variabel dengan penggunaan Microsoft Excel Madrasah Aliyah Nahdlatul ’Ulama Batang Toru Kelas X. Subjek penelitian adalah orang yang telah melaksanakan pembelajaran dalam menjawab soal sistem persamaan linear tiga variabel. Setelah data dikumpulkan dapat disimpulkan sebagai berikut: kemampuan pemecahan siswa karena prosedur tepat,terampilnya siswa terutama keterampilan menghitung, dan pengambilan data yang tepat. Selain itu, beberapa siswa masih kurang paham dalam menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linear tiga variabel. Dalam hal ini, siswa bingung untuk menyelesaikan langkah-langkah soal, sebagian siswa langsung mengetahui apa yang akan dikerjakannya. Dari Kemampuan pemecahan masalah siswa kelas X IPA 1 melalui Microsoft Excel dengan pembelajaran berbasis masalah pada materi sistem persamaan linear menunjukkan dari sebanyak 24 orang siswa terdapat 6 butir soal diperoleh presentase kemampuan soal nomor 1 sebanyak 55,66 % dengan kriteria ”sedang”, soal nomor 2 sebanyak 38% dengan kriteria “rendah”, soal nomor 3 sebanyak 53,33% dengan kriteria ”sedang”, soal nomor 4 sebanyak 59% dengan kriteria ”sedang”, soal nomor 5 sebanyak 62,83% dengan kriteria ”tinggi”, soal nomor 6 sebanyak 59,5% dengan kriteria ”sedang”. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh presentase tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa dari yang tertinggi hingga yang terendah adalah terdapat kategori tinggi sebanyak 11 orang siswa atau 32,6% dari jumlah 24 siswa, dan kategori sangat tinggi sebanyak 13 orang siswa atau 51% dari jumlah 24 siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Undang – Undang No.23 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.
Akhmad Sudrajat. (2009). Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arifin, Akhmad. (2009) .Media pembelajaran dengan penggunaan Microsoft Excel. Yogyakarta: Teras.
Bakhtiar, A. (2004:188). Filsafat Ilmu. Jakarta: PT.Rajagrafindo, Persada.
Chairani,Z. (2016:63). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta : Deepublish.
Christine. (2008). Menyatakan bahwa Microsoft Excel sudah dikenal dan merupakan salah satu terbaik dalam pengajaran matematika. Yogyakarta: Penerbit Bentang.
Herman Hudoyo. (2001:164-165). Macam-macam masalah dalam Matematika. Malang: IKIP Malang.
Hudoyono, (2009). Kemampuan pemecahan masalah.
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil kemampuan pemecahan masalah/proses belajar mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. ,2002. Metode statistika. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (1997). Pengertian Populasi. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono (2010). Metode penelitian.Bandung : Alfabeta.
Sudjana . (2002). Metode statistika. Bandung : Tarsito.
Sutarto Hadi dan Radiyatul, (2014:54). Memecahkan masalah adalah satu bentuk menghadapi kesulitan. Jurnal Pendidikan Mtematika. Vol 2, No 1 (2014).
Syaiful Sagala ,(2012). Pemecahan masalah suatu proses terencana yang perlu dilaksanakan. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v4i1.52-57
Article Metrics
Abstract view : 959 timesPDF - 292 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.