PENGARUH PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DENGAN MEDIA KOTAK DADU TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
Abstract
Tujuan dilaksanakan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model Learning Cycle 7e dengan media kotak dadu bahasa Indonesia kelas VIII SMPN 5 Wonomulyo. Populasi penelitian ekesperimen ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 5 Wonomulyo yaitu 127 orang, yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian yaitu Kelas VIII A 23 orang dan kelas VIII B 24 orang dengan menggunakan instrumen tes dan nontes. Analisis statistik deskriptif dan infrensial adalah teknik yang digunakan dalam menganalisis hasil penelitian. Hasil analisis inferensial di kelas kontrol didapatkan hasil p-value = 0,200 sedangkan untuk uji normalitas di kelas eksperimen didapatkan hasil p-value = 0,200 Kedua p-value > α = 0,05 sehingga simpulan yang ditemukan adalah data hasil belajar siswa di kedua kelas didapatkan dari populasi yang berdistribusi normal dan signifikansi 0,314 > 0,05 maka populasinya homogen. Kemudian hasil uji t menunjukkan sig 0,006 < 0,05 maka terjadi penolakan terhadap H0 dan menerima H1. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model Learning Cycle 7e dengan media kotak dadu bahasa Indonesia berpengaruh terhadap terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada SMPN 5 Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyani, P. W. S., Raga, G., & Suartama, I. K. (2013). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA DADU UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA ANAK DI TK WIDYA SUTA KERTI SULANYAH. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).
Arikunto, Suharsimi : 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.
Hartono.2012. Learning Cycle 7E Model to Increase Students Critical Thinking on Science. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (JPFI). Vol 9. Hal 58-66.
Hardinita, E. & Muchlis. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Pokok Larutan Penyangga Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Journal of Chemical Education. (Vol. 4, No. 3).
Sritresna, T. (2017). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence Siswa melalui Model Pembelajaran Cycle 7E. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 419-430.
Trianto, E., Anitah, S., Suryani, N., (2013). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran.Jurnal Teknologi Pendidikan. 1(2), 226-238.
Yunita. 2014. Model-model Pembelajaran Kimia. Bandung: Insan Mandiri.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i2.147-152
Article Metrics
Abstract view : 415 timesPDF - 315 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.