UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN FISIKA MATERI LISTRIK STATIS MELALUI METODE PEMBELAJARAN STUDI KASUS PADA SISWA DI SMA NEGERI 1 PINANGSORI

Hotma Saritua Tarihoran

Abstract


Jika siswa merasa bahwa metode pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dirinya, siswa akan merasa lebih senang atas apa yang telah dilaksanakan tersebut, sehingga hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan melihat sampai sejauh mana  keberhasilan dan pengaruh penggunaan metode iskusi studi kasus dalam meningkatkan pemahaman dalam pembelajaran fisika didalam kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom  Action Research). Berdasarkan hasil terlihat bahwa penerapan model pembelajaran diskusi mengarah kepada pendekatan individual dapat digunakan sebagai model pembelajaran didalam ruangan kelas untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Penggunaan model pembelajaran diskusi mengarah kepada pendekatan individual dapat dijadikan suatu cara untuk mengatasi permasalahan siswa dalam menerima pembelajaran. Sehingga siswa dapat lebih senang dan aktif, dan siswa tidak lagi menjadikan materi pelajaran sekedar beban yang ingin dituntaskan akan tetapi memahami lebih dalam akan apa yang sudah dipelajari. Pada pelaksanaan siklus I hanya 71,9 %, akan tetapi pada pelaksanaan siklus ke II persentase ketuntasan belajar siswa ini naik menjadi 93,8 %.


Keywords


Pemahaman Pembelajaran, Listrik Statis, Studi Kasus.

Full Text:

PDF

References


Elisa., Mardiyah, A & Ariaji, R. 2017. Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika dan Aktivitas Mahasiswa Melalui PhET Simulation. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 1(1) 15-20.

Hanna, D., Sutarto., & Harijanto, A. 2016. Model Pembelajaran Tema Konsep Disertai Media Gambar Pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1) 23-29.

Munawwarah, Iffah. 2017. Studi Kasus Analisis Proses Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri 4 Banda Aceh Tahun 2016/2017. Prosiding Seminar Nasional MIPA III Langsa-Aceh, 30 Oktober 2017, 55-61.

Nurhaeni, Y. 2011 Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Listrik Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IX SMPN 43 Bandung. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1) 69-80.

Nur’aini, Ratna Dewi. 2020. Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA, Vol. XVI No. 1, Mei 2020.

Sumarni, Harun, Abduh H. & Imran. 2015. Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Kecil Toraranga Pada Mata Pelajaran PKn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kabupaten, Kota dan Provinsi. Jurnal Kreatif Online, 3(4) 13-22.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i2.135-140

Article Metrics

Abstract view : 1735 times
PDF - 1123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.