PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR KELAS XI SMK N 2 PADANG PANJANG

Nurrahma Yomi, Adlia Alfiriani, Ade Pratama

Abstract


Permasalahan yang ada pada mata pelajaran komputer dan jaringan materi perangkat keras komputer terdapat pada kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pembuatan bahan ajar dan bahan ajar yang digunakan tidak pernah dikembangkan serta kurang menarik menyebabkan peserta didik menjadi pasif, monoton, dan merasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk E-LKPD berbasis Problem Based Learning menggunakan Website Wizer.me dengan kualifikasi valid dan praktis. Peneliti menggunakan jenis penelitian Research and Development (RnD) menggunakan model ADDIE. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian Menunjukkan nilai rata-rata uji validitas ahli media sebesar 92,3%, dengan kategori sangat Valid dan ahli materi sebesar 85,2% dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas memperoleh nilai presentase kuesioner respon siswa 78,7% dengan kategori sangat praktis dan nilai presentase kuesioner respon guru 91,6% dengan kategori sangat praktis. dapat ditarik kesimpulan bahwa E-LKPD berbasis problem based learning menggunakan website wizer.me materi perangkat keras komputer kelas XI TKJ di SMKN 2 Padang Panjang layak digunakan.

 


Keywords


Kata Kunci: media pembelajaran, Problem Based Learning, Wizer.me

Full Text:

PDF

References


Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Alfiriani, Adlia. 2017. “Pengembangan Dan Analisis Validitas Modul Pembelajaran Bilingual Berbasis Komputer Pada Pokok Bahasan Perangkat Lunak Pengolah Kata Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Edik Informatika 2(1):1–9. doi: 10.22202/ei.2015.v2i1.1434.

Ananda, A. N., Muhfahroyin, M., & Asih, T. (2021). Pengembangan E-Lkpd Disertai Komik Berbasis Guided Inquiry Di Sma Negeri 1 Sekampung. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(2), 195. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i2.4448

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, & Usep Setiawan. (2023). Konsep Dasar Media Pembelajaran. Journal of Student Research, 1(1), 282–294. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i1.993

Astuti, S. P., TW, A., & Handayani, S. (2020). Pemanfaatan media crocodile physics dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.30998/npjpe.v1i1.189

Basrina, Y., Afryansih, N., & Febriani, T. (2023). Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Wizer.Me pada Mata Pelajaran IPS di MTs Darussalam Aryojeding. JPIG (Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Geografi), 8(1), 31–38. https://doi.org/10.21067/jpig.v8i1.7361

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Fip, P., & Negeri, U. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Ilmu Pengetahuan Alam Berbantu Website Wizer . me Materi Energi Alternatif Kelas IV Sekolah Dasar Okta Dwi Kumalasari Abstrak. 2827–2837.

Harizah, D. T. D., Sumarmi, S., & Bachri, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMAN 5 Pamekasan. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8(2), 104–113. https://doi.org/10.18860/jpips.v8i2.13020

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Herlina, P., Hamdu, G., & Nugraha, A. (2023). Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik (E-Lkpd) Interaktif Berbasis Education for Sustainable Development (Esd) Di Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 504–513.

Hutabarat, H., Anas, N., & Adlini, M. N. (2023). Pengembangan Lkpd Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas Xi Sma/Ma. Ejournal.Stkipbbm.Ac.Id, 10(2), 166–175. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/bio/article/view/745/571

Ilmiah, J., Fkip, P., Mandiri, U., Cetak, I., & Online, I. (2023). 1 , 2, 3 123. 09, 2562–2575.

Indraswati, D., Sobri, M., Fauzi, A., Amrullah, L. W. Z., & Rahmatih, A. N. (2023). Keefektifan Pelatihan Pembuatan Worksheet Interaktif dengan Wizer.Me untuk Mengoptimalkan Pembelajaran di SDN 26 Mataram. Journal on Education, 5(4), 14615–14624. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2517

Ketut Sri Puji Wahyuni, I Made Candiasa, & I Made Citra Wibawa. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas Iv Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476

M Teguh Saefuddin1, Tia Norma Wulan2, S. dan D. E. J., & 1, 2, 3, 4Universitas Sultan Ageung Tirtayasa. (2023). 1Teknik Pengumpulan Data Kuantitatif Dan Kualitatif Pada Metode Penelitian, 2(6), 784–808.

Marganda, F. (2022). BAB II KAJIAN TEORI A. Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). 21–37.

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.25034

Melina, I., Fitriyah, N., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Android Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Development of Android-Based E-Lkpd With Problem Based Learning (Pbl) Learning Model To Improve Critical Thinking. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 18(1), 2021.

Ni Made Sinta Suwastini, Anak Agung Gede Agung, & I Wayan Sujana. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304

Nurhikmah, A., Madianti, H. P., Azzahra, P. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Game Educandy Untuk Meningkatkan Karakter Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 2(3), 442.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v8i1.62-72

Article Metrics

Abstract view : 19 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.