PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION RELEVANCE CONFIDENCE SATISFACTION TERHADAP TES LISAN SISWA KELAS X PADA ELEMEN DAMPAK SOSIAL INFORMATIKA DI SMK NEGERI 1 HILIRAN GUMANTI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran attention, relevanve, confidence, satisfaction terhadap Tes Lisan Siswa Kelas X pada Elemen Dampak Sosial Informatika di SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non-equivalent control group-design yang membandingkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara model pembelajaran attention, relevanve, confidence, satisfaction terhadap tes lisan siswa kelas X pada elemen dampak sosial informatika di SMK Negeri 1 Hiliran Gumanti, dimana nilai thitung 2,123 > ttabel 2,014 dengan nilai sig 0,039 < 0,05, Berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Disarankan kepada guru agar dapat dapat menerapkan model pembelajaran attention, relevance, confidence, satisfaction dalam pembelajaran di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Magdalena, R., & Angela Krisanti, M. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode Pengujian Independent Sample T-Test di PT.Merck, Tbk. Jurnal Tekno, 16(2), 35-48. https://doi.org/10.33557/jtekno.v16i1.623
Nisa, S., Lena, M. S., Anas, H., & Utari, T. (2023). Implementasi Capaian Pembelajaran Informatika Dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. 2(3).
Nuroni, M. (2022). Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo Tahun Akademik 2022.
Putri, I. N. P., Ahied, M., & Rosidi, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARCS ( Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) Terhadap Self Esteem. 2(1).
Putri, M. M., Efriyanti, L., Musril, H. A., & Okra, R. (2023). Kontribusi Kreativitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika di Kelas XI IPA MAN 2 Bukittinggi. Indonesian Research Journal On Education, 3(2), 1063-1073. https://doi.org/10.31004/irje.v3i2.209
Rahmadani, D. (2024). Teknik Penyusunan Dan Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar (Tes Dan Non-Tes) Bahasa Arab. 1(2).
Septiawan, I. M. D., & Agung, A. A. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) Tehadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekokah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 134. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26630
Setyawan, I. D. A. (2021). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas & Homogenitas Data Dengan SPSS.
Simamora, L., Hernaeny, U., & Safitri, N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 245. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6405
Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24-36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55
Tauhid, R., & Pd, M. (2020). Dasar-Dasar Teori Pe
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v8i1.280-285
Article Metrics
Abstract view : 18 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.