PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X DI SMK NEGERI 1 RANAH PESISIR

Iffatul Husna, Adlia Alfiriani, Bernediv Nurdin

Abstract


.  Permasalahan pada penelitian ini yaitu guru masih banyak yang menggunakan bahan ajar berbentuk cetak, modul cetak menjadikan proses pembelajaran kurang menarik, pembelajaran informatika selama ini cenderung menggunakan metode presentasi sehingga membuat siswa bosan.  Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul sebagai sumber belajar mata pelajaran informatika yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan skala likert. Subjek peneliti dalam penelitian ini adalah 3 orang dosen Universitas PGRI Sumatera Barat, 2 orang guru SMK Negeri 1 Ranah Pesisir, seluruh siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Ranah Pesisir.  Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata uji validasi ahli media oleh validator sebesar 90,56% dengan kategori “Sangat Valid” dan ahli materi sebesar 91,25% dengan kategori “Sangat Valid”. Uji praktikalitas guru sebesar 88,89% dengan kategori “Sangat Praktis” dan praktikalitas siswa sebesar 93,81% dengan kategori “Sangat Praktis”. Kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh e-modul sebagai sumber belajar mata pelajaran informatika layak dan praktis digunakan sebagai e-modul informatika kelas X sehingga mampu memudahkan guru dan siswa dalam penerapannya, karena mudah dan nyaman dibawa kemana saja karena berbentuk link yang dapat diakses melalui komputer/laptop, android dan IOS.


Full Text:

PDF

References


, Bab. 2019. “Pengembangan SMART Book Materi Geometri Untuk Siswa Smp Berbasis Kontruktivisme”.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 2.

Adelina, M, I Irsyadunas, and R A Darman. 2022. “Pengembangan E-Modul Berbasis Android Pada Materi Sketsa Dan Ilustrasi Kelas Xi Di Smkn 1 Tanjung Raya Kabupaten Agam.” PeTeKa 5: 602–14.

Andi Wibowo, R.Ichsan, and Luthpi Saepuloh. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Pada Simulasi Komunikasi Digital Di Smk Muhammadiyah 1 Sukabumi.” Utile: Jurnal Kependidikan 6 (2): 160–67..

Ashari, Luwilmi Sahefa, and Durinda Puspasari. 2024. “Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Humas Dan Keprotokolan Di SMKN 2 Buduran Sidoarjo.” Journal of Social Science Research 4 (1): 2565–76.

Auwaliyah, Heppy Mafudhotul, Alfi Sahrina, Hadi Soekamto, and Heni Masruroh. 2023. “Pengembangan E-Modul Berbasis Heyzine Flipbook Materi Mitigasi Bencana Untuk Siswa Kelas Xi Ips Sman 1 Singosari.” Jurnal Geografi 12 (1): 40–55.

Erawati, Ni Ketut, Ni Kadek Rini Purwati, and I Dewa Ayu Putri Diah Saraswati. 2022. “Pengembangan E-Modul Logika Matematika Dengan Heyzine Untuk Menunjang Pembelajaran Di SMK.” Jurnal Pendidikan Matematika (JPM) 8 (2): 71–80.

Kismawati, Rahayu, Tias Ernawati, and Puji Hariati Winingsih. 2022. “Pengembangan E-Komik Berbasis Heyzine Flipbook Pada Materi Sistem Pencernaan Bagi Peserta Didik Kelas VIII SMP.” Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan 6 (3): 359–70.

Kustini, Sofa, Syutaridho, and Atika Zahra. 2022. “Pengembangan Modul Elektronik Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pangkalpinang.” Jurnal Of Education in Mathematics, Science, and Technology 5 (3): 56–65.

Laraphaty, N. F. R., J. Riswanda, D. P Anggun, D. E Maretha, and K. Ulfa. 2021. “Review: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL).” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 145–56.

Magdalena, Ina, Riana Okta Prabandani, Emilia Septia Rini, Maulidia Ayu Fitriani, and Amelia Agdira Putri. 2020. “Analisis Pengembangan Bahan Ajar.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2 (2): 170–87.

Magdalena, Ina, Tini Sundari, Silvi Nurkamilah, Dinda Ayu Amalia, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2020. “Analisis Bahan Ajar.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 2 (2): 311–26.

Miftakhul Janah, Hakkun Elmunsyah, and Ahmad Mursyidun Nidhom. 2023. “E-Modul Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Flipbook Digital Pada Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio Dan Video Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa SMK.” Jurnal Pengkajian Dan Penerapan Teknik Informatika Vol. 16, N.

Nurlatifah, Siti Chusni, Siti Romlah Noer Hodijah, and Adi Nestiadi. 2021. “Pengembangan Modul Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Flip PDF Professional Pada Tema Udara Yang Sehat.” PENDIPA Journal of Science Education 6 (1): 226–32.

Pratita, Dewi, Dian Eka Amrina, and Yulia Djahir. 2021. “Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Modul Pembelajaran Digital.” Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi 8 (1): 69–74..

Wulansari, Evi Wahyu, Sri Kantun, and Pudjo Suharso. 2018. “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017.” JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial 12 (1): 1.

Yusri, Ahmand Zaki dan Diyan. 2020. “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Bangun Datar Kelas 3 SDN 39 Mataram.” Jurnal Ilmu Pendidikan 7 (2): 809–20.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v8i1.266-271

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.