PENGEMBANGAN GAME EDUKASI BRAIN SHARPENING ADVENTURE PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X SMK NEGERI 8 BUNGO
Abstract
Media pembelajaran merupakan suatu wadah atau alat untuk menyampaikan pesan atau informasi dari guru kepada siswa dalam proses pembelajaran, Game edukasi merupakan salah satu jenis media dalam pembelajaran untuk memberikan pengajaran, menambah pengetahuan siswa melalui suatu media yang menarik dan unik. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D, R&D merupakan suatu metode untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Pada penelitian ini menggunakan Model pengembangan ADDIE . Berdasarkan hasil dari analisis data tingkat validasi game edukasi yang dinilai oleh validator dengan nilai rata-rata 86.34 % dengan kategori “Sangat praktis”, dari analisis data persentase tingkat kepraktisana game edukasi yang dinilai oleh guru mata pelajaran informatika mendapatkan persentase sebesar 94,27% dengan kategori “Sangat praktis”, Dan game edukasi yang dinilai oleh siswa mendapatkan persentase sebesar 82,91% dengan kategori “Sangat praktis”.
Full Text:
PDFReferences
Dewi, Suci Zakiah, and Irfan Hilman. 2019. “Penggunaan TIK Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar.” Indonesian Journal of Primary Education 2(2):48. doi: 10.17509/ijpe.v2i2.15100.
Firmadani, Fifit. 2020. “Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional 2(1):93–97.
Hamdi, Fathan Surya, and Idria Maita. 2022. “Pelatihan Pembuatan Website Memanfaatkan Wix Untuk Blog Pribadi Pada Siswa SMAN 2 Gunung Talang.” CONSEN: Indonesian Journal of Community Services and Engagement 2(2):64–69. doi: 10.57152/consen.v2i2.471.
Hasan, Muhammad, Milawati, Darodjat, HarahapTuti Khairani, and Tasdin Tahrim. 2021. Media Pembelajaran.
Hutauruk, Ahmad, Hani Subakti, David Simarmata, Hana Lestari, Gamar Al Haddar, Mohamad Da’i, Sukarman Purba, Muh Khalik, and Vesti Cahyaningrum. 2022. Media Pembelajaran Dan TIK. Vol. 5.
Irsyadunas, Irsyadunas, Thomson Mary, Anika Maizeli, and Roza Lina. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Pemahaman Sintak Model Pembelajaran Abad 21 Berbasis Mobile.” Jurnal Riset Fisika Edukasi Dan Sains 8(1):46–59. doi: 10.22202/jrfes.2021.v8i1.4845.
irwanto. 2021. “Perancangan Media Game Edukasi Untuk Mata Pelajaran Fisika Dengan Menggunakan Model Waterfall Di Smk Negeri 2 Kota Serang.”
Isnaini, Lina, Dwi Kameluh Agustina, and Devita Sulistiana. 2021. “Pengembangan Game Edukasi Animalia Berbasis Android Untuk Siswa Kelas X
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v8i1.231-239
Article Metrics
Abstract view : 16 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.