UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

Novita Ayu Rachmawati, Arlin Sri Purwati, Elok Sudibyo

Abstract


Education is certainly very important for the progress of a country. Therefore, the education obtained is certainly not only in cognitive knowledge, but other knowledge as well. This knowledge is such as communication skills, critical thinking, problem-solving, collaboration, metacognition, information literacy, creation, innovation and other skills. This skill is certainly useful as a guide for students in learning activities and in daily life. The purpose of this study is to improve students' collaboration skills in science learning. The method used is classroom action with a lesson study model. The stages of this model are designing learning (plan), implementing learning (do and see), then reflection and follow-up. This research was conducted during 3 learning cycles with different learning designs. The results of this study show that there is an increase in the collaboration skills of grade VII students of SMP Negeri 1 Porong from cycles 1, 2, and 3. This shows that the actions taken are successful and able to make students collaborate very well.


Full Text:

PDF

References


Ekaputra F. 2023. Efektivitas Penerapan Model Pembejaran Praktikum Dengan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Paedagoria. Vol. 14 (3).

Erly K. & Fadiana. 2024. Pemanfaatan Game Edukasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 8 (2).

Erza, dkk. 2024. Problem Based Learning : Solusi Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mathema Journal. Vol. 6 (1).

Fatikhatus & Tutut N. 2023. Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis dan Kolaborasi Siswa. Jurnal Pendidikan Sains. Vol. 11 (1).

Ihwanto Nur, dkk. Upaya Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Teams Games Tournament. Jurnal Maenpo. Vol. 12 (2).

Kartayasa, dkk. 2024. Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkolaborasi Peserta Didik Pada Materi Suhu, Kalor, dan Pemuaian. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. Vol. 6 (2).

Niken, dkk. 2023. Seminar Nasional IPA XIII. Peningkatan Keterampilan Kerjasama Peserta Didik Kelas VII F SMP Negeri 9 Semarang Melalui Model Problem Based Learning Berpendekatan Culturally Respoonsive Teaching. Universitas Negeri Semarang.

Nurhayati, dkk. 2022. Jurnal Basicedu. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Vol. 6 (5).

Nurhayani H. & Said. 2024. Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Model Pembelajran Discovery Learning. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan. Vol. 6 (2).

Putri Meliani, dkk. 2024. Implementasi Inovasi Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Secara Efektif di SDN Bojong Kharib. Jurnal Karimah Tauhid. Vol 3 (3).

Rahmansyah, dkk. 2023. Penerapan Model Structured Inquiry (Inkuiri Terstruktur) untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII.

Rayhana Nasya. 2024. Analisis Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dan Kolaborasi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol. 1 (4).

Reni, dkk. 2021. Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Desain Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD Secara Online. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. Vol. 4 (3).

Sari W & Suryanti. 2024. Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Melalui Model Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas VII. 1 UPTD SMP Negeri 1 Palangga. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran. Vol. 6 (2).

Sunbanu, dkk. 2019. Junral Ilmu Pendidikan. Peningkatan keterampilan Kolaborasi Peserta Dididk Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Vol. 3 (4).

Syafii Imam. 2023. Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek: Materi Hakikat Ilmu Kimia Dan Metode Ilmiah. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 3 (1).

Tita, dkk. 2023. Bioilmi : Jurnal Pendidikan. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Termbinbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi. Vol. IX (1).

Ummi, dkk. 2024. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Implementasi Teams Games Tournamen Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Dididk Kelas Sekolah Dasar. Vol.14 (1).

Wahyudi & Ummi. 2024. Implementasi Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Kelas Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 14 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i3.374-383

Article Metrics

Abstract view : 177 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.