IMPLEMENTASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Busaidi, S., Yusuf, T., & Reinders, H. (2021). A model for implementing problem-based language learning: Experiences from a seven-year journey. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(1), 1–21. https://doi.org/10.26803/ijlter.20.1.1
Antara, I. P. P. A. (2022). Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Pokok Bahasan Termokimia. Journal of Education Action Research, 6(1), 15. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44292
Dwirahayu, G., Satriawati, G., Sobiruddin, D., & Fatra, M. (2023). Pendampingan Siswa dan Guru MI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Kecamatan Pulosari Kab. Pandeglang-Banten. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(2), 217–228. https://doi.org/10.30656/jpmwp.v7i2.5775
Eka Ariyanti, Y., Yusro, A. C., & Sumariyanto. (2023). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Video Mata Pelajaran Ipas Kelas Iv Sd Negeri 2 Tegalombo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08, 2543–2559. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8435
Gomoll, A., Hillenburg, B., & Hmelo-Silver, C. E. (2020). “I Have Never Had A PBL Like This Before”: On Viewing, Re-viewing, and Co-design. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 14(1), 1–17. https://doi.org/10.14434/ijpbl.v14i1.28802
Hasanah, R., Anam, F., & Suharti, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII B SMPN 13 Surabaya. JMER : Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 1–7. https://journalng.uwks.ac.id/jmer/article/view/87
Jonassen, D., & Hung, W. (2015). All Problems Are Not Equal: Implications For Problem-Based Learning (p. 398). Purdue University Press. https://doi.org/10.2307/j.ctt6wq6fh.7
Kusuma, L. H., & Fauziah, A. N. M. (2023). Pendidikan Sains Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas VIII SMP. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(3), 256–260. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/53981
Laelatul, A. N., Triana, D., Octafia, D. N., & Putri, R. M. (2023). Studi Literatur: Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 6(2), 620–628. https://doi.org/10.31851/scholastica.v6i2.13919
Lase, N. K., & Lase, R. K. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Kelas Vii Smp. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 450–461. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1693
Masruroh, I. U., & Raharjo. (2024). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning(Pbl)Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Sub Materizat Makanan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(2), 370–382. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/bioedu.v13n2.p370-382
Nur, N., & Nugraha, M. S. (2023). Implementasi Model Pembelajaran STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Di RA Al-Manshuriyah Kota Sukabumi. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(5), 73–93. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i5.158
Nuraini, I., & Sudibyo, E. (2022). Pengaruh Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(2), 327–333. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/45295
Nurwahyudi, N., & Sungkowo, S. (2023). Analisis Interaksi Edukatif Dalam Proses Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar. MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2, 222–235. https://doi.org/10.58561/mindset.v2i1.73
Safaringga, V., Lestari, W. D., & Aeni, A. N. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3514–3525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2667
Siddiq, M. N., Supriatno, B., & Saefudin, S. (2020). Pengaruh penerapan problem based learning terhadap literasi lingkungan siswa SMP pada materi pencemaran lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 3(1), 18–24. https://doi.org/10.17509/aijbe.v3i1.23369
Sukarma, I. K., Karyasa, T. B., Hasim, Asfahani, & Azis, A. A. (2023). Mengurangi Ketimpangan Sosial Melalui Program Bantuan Pendidikan Bagi Anak-Anak Kurang Mampu. Communnity Development Journal, 4(4), 8440–8447. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19682