PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI TIPOGRAFI DI SMK N 4 PADANG

Descy Loviana, Adlia Alfiriani, Haris Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Project-Based Learning (PjBL) untuk materi Tipografi kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 4 Padang. Observasi menunjukkan bahwa penggunaan modul softcopy dan metode ceramah belum optimal, mengakibatkan kurangnya pemahaman dan minat siswa. LKPD dikembangkan menggunakan model ADDIE  Analyze (Analisis), Design (Desain/Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Adapun subjeck dari penelitian ini adalah 2 ahli validator, 2 ahli praktikalitas guru, 73 ahli praktikalitas peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan hasil tingkat validitas LKPD yang tinggi (83,5%), sedangkan uji praktikalitas mendapat respon positif dari guru (90,5%) dan siswa (81,4%). Evaluasi hasil belajar menunjukkan bahwa LKPD “Cukup Efektif” (74,3%) untuk meningkatkan hasil kinerja siswa dalam merancang desain tipografi.Manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan kreativitas belajar peserta didik. Di desain tipografi  Keterbatasan dalam penelitian ini adalah hanya membahas satu elemen saja, Sehingga diharapkan penelitian selanjutnya untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik dengan elemen yang lebih luas.


Keywords


lembar kerja peserta didik, project based learning

Full Text:

PDF

References


Agustin, W., Irsyadunas, I., & Kurniawan, H. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual Di Smk N 1 Bungo. PeTeKa, 6, 731–736. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/view/12846%0Ahttp://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk/article/download/12846/7972

Aisah, S., & Sukiman, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Ilmiah Berbasis Keterampilan 4C Di Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Billfath,. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 14(2), 341–352. https://doi.org/10.21274/ls.2022.14.2.341-352

Beny Asfuri, N., & Ambarsari, R. Y. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Tri Ciri Tentara Pelajar (Patriotisme, Kepeloporan Dan Kemandirian) Pada Mahasiswa UTP Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 202–215. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16101

Berliana, S. R., & Hakim, L. (2022). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Saintifik Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perbankan Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/jpai.v20i1.37623

Dian Laksana. (2021). Application Of The Project Based Learning Model To Improve Science Learning Outcomes. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes p-ISSN, 4(6), 1–23.

Edi Ansyah, Y. P. N. L., Pranata, Y., Latipah, N., Fatmawati, U., & Bengkulu, S. (2021). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Problem Based Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Pendidikan Tematik, 2(3), 283–288.

El Chidtian, A. S. C. R., & Renzina, Y. D. (2024). Analisis Tipografi pada Poster Film Horor Indonesia Tahun 2022. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia, 8(01), 1. https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v8i01.975

Eliza, W., & Granita. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Model Realistic Mathematics Education (Rme) Pada Materi Segiempat …. Tarbiyah Suska Conference Series, 12–13. http://repository.uin-suska.ac.id/63048/

Fitriyah, L., & Madlazim, M. (2021). Pengembangan LKPD Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terintegrasi STEM Menggunakan PhET Simulation Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 10(1), 99–108. https://doi.org/10.26740/ipf.v10n1.p99-108

Hayati, N., Harjanto, A., & Elvadola, C. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Tema 7 Sub Tema 1 Kelas IV SD Negeri 01 Sumber Sari Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 417–421. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.499

Herlyana, R., Yogica, R., Lufri, L., & Arsih, F. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik Disertai Latihan Berpikir Kritis pada Materi Virus Kelas X SMA/MA. Biodik, 08, 43–51. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/18307%0Ahttps://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/download/18307/14158

Kurnia, F., & Ulianas, A. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Pada Materi Kimia Hijau Fase E SMA. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 9581–9589. http://repository.unj.ac.id/41192/%0Ahttp://repository.unj.ac.id/41192/7/DAFTAR PUSTAKA.pdf

Kurniawan, H., Darman, R. A., & Devegi, M. (2023). Implementasi Aplikasi Web Based Learning Dengan Media Video Tutorial Pada Elemen Kuliah Jaringan Komputer. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 460–469.

Meiliasari, R., Utari, U., Alfianti, A., Purwanti, F., Prof, U. I. N., & Zuhri, K. H. S. (2022). Implementasi Tujuan Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003. Journal on Islamic Education, 6(2), 122–131.

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian , 1–7.

Munawaroh, N., & Sholikhah, N. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Melalui Video Interaktif Berbantuan Google Site Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ecogen, 5(2), 167. https://doi.org/10.24036/jmpe.v5i2.12860

N.W.B. Artini, N.K. Suarni, & D.P. Parmiti. (2023). Efektivitas Pengembangan E-Lkpd Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 36–45. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1758

Nata, I. G. H., & Sujana, I. W. (2021). Efektivitas Model Project Based Learning Berbasis Tri Kaya Parisudha dalam Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPS. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i2.32219

Nurfalah, F. S., Haryanti, Y. D., & Susilo, S. V. (2019). Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Project Based Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 485–491. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/70

Nurhayati, N., Zuhra, F., & Salehha, O. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Jupitek), 4(2), 73–78. https://doi.org/10.30598/jupitekvol4iss2pp73-78

Nurmalasari, L., Taheri Akhbar, M., & Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Media Kartu Hewan dan Tumbuhan (Tuhetu) Pada Pebelajaran IPA Kelas IV SD Negeri. Riset Pendidikan Dasar, 05(1), 1–8. http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jrpd

Permana, A. O., & Erdansyah, F. (2022). Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Desain, Tipografi, dan Warna pada Instagram Feed Senat Mahasiswa Universitas Negeri Medan Tahun 2019. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 102–110. https://doi.org/10.34007/jehss.v5i1.1136

R. anggraeni, M. Djazila, T. retnawati, A. arisanndy. (2023). Penggunaan Model Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar. 01, 497–502.

Sari, R. K. (2021). Penelitian Kepustakaan Dalam Penelitian Pengembangan Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Borneo Humaniora, 4(2), 60–69. https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2249

Shofwan, A., Maulana, F. A. H., & Hadi, N. (2022). Analisis Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam untuk Kelas 1 Sampai Kelas III Tingkat Madrasah Ibtidaiyah Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 19(1), 15–25. https://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/1173%0Ahttps://riset-iaid.net/index.php/bestari/article/view/1173/771

Sutrisna, G. B. B., Sujana, I. W., & Ganing, N. N. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning Berlandaskan Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ips. Jurnal Adat Dan Budaya Indonesia, 1(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jabi.v2i2.28898

Utami, P. A., Jaya, F., & Seituni, S. (2021). Pengaruh Project Based Learning terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3863–3876.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i3.299-305

Article Metrics

Abstract view : 390 times
PDF - 184 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.