HUBUNGAN MINAT BELAJAR DENGAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGOPERASIKAN VIRTUALBOX PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI SISTEM JARINGAN KELAS XII TKJ SMK NEGERI 1 BATUSANGKAR

Argiandi Putra, Adlia Alfiriani, Haris Kurniawan

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian  yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII TKJ  yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini berdasarkan dari pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus Product Moment diperoleh hasil bahwa r hitung (0,517) > r tabel (0,349), sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima karena r hitung lebih besar dari r tabel. artinya ada hubungan antara minat dengan kemampuan siswa dalam mengoperasikan viltualbox pada mata pelajaran administrasi sistem jaringan kelas XII TKJ SMKN 1 Batusangkar

Full Text:

PDF

References


Farida, T. (2019). Menurut Pengertian Tentang Media Juga Di Uraikan Oleh Depdiknas Tahun 2003 Yakni Kata Media Berasal Dari Bahasa Latin Yang Memiliki Arti Perantara Atau Pengantar Hal Ini Berati Modul Sebagai Media Pengantar Dalam Proses Pembelajaran. Makna Lainnya Yang Um. Jurnal It-Edu, 4(01), 68–75.

Muhammad Saidi Rahman, H. (2019). Pelatihan Instalasi Sistem Operasi Menggunakan Virtual Box Pada Smk Negeri 4 Banjarmesin. 331–335.

Ndraha, I. S., Mendrofa, R. N., & Lase, R. (2022). Analisis Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. 1(2), 672–681.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. Https://Doi.Org/10.30863/Ekspose.V18i1.371

Rahayu, T. P., & Ardiyanta, A. S. (2019). Hubungan Minat Belajar Dengan Kemampuan Siswa Dalam Mengoperasikan Virtualbox Sebagai Media Pembelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas Xi Tkj Smkn 1 Kras. Joeict (Jurnal Of Education And Information Communication Technology), 3(1), 37–46.

Rahmad (2019) Modifikasi kisi-kisi angket

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Saniriati, D. M. D., Dafik, D., & Murtikusuma, R. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Adobe Animate Berbantuan Schoology Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmetika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (Jrpipm), 4(2), 132. Https://Doi.Org/10.26740/Jrpipm.V4n2.P132-145

Sermatan, S., Sangi, N., & Sanger, R. (2022). Hubungan Minat Dan Motivasi Dengan Hasil Belajar Teknik Instalasi Penerangan Listrik Siswa Smkn 2 Tanimbar Selatan. Jurnal Edunitro: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 1–8. Https://Doi.Org/10.53682/Edunitro.V1i2.1141




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i2.281-287

Article Metrics

Abstract view : 105 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.