UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMA NEGERI I BARUMUN

Elisa Fitriani Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mencari peningkatan motivasi belajar Intrinsik dan Ekstrinsik siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Problem Based learning. Menurut defenisi Motivasi itu berasal dari kata latin “movere” yang berarti hari untuk mendorong atau memotivasi. Penelitian yang dilakukan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian dilakukan dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelas yang diampu. Penelitian ini memaparkan terjadinya efek dari perlakuan, dan memaparkan secara global proses yang Diawali dengan pemberian perlakuan hingga dampak dari perlakuan tersebut. Data yang telah diteliti pada siklus I didapatkan hasil yaitu : 2 orang siswa mempunyai motivasi rendah atau 10 %, 10 rang siswa mempunyai motivasi sedang atau 50 % dan siswa yang motivasinya tinggi 8 orang atau 40 %. Adapun hasil pada siklus dua yaitu : motivasi siswa yang rendah 0 atau 0 %, motivasi siswa yang sedang sebanyak 5 orang atau 25 % sedangkan motivasi siswa yang tinggi sebanyak 15 orang dengan persentase 75 %. Dari siklus II ini dapat diambil kesimpulan bahwa jika dilihat dari tabel interpretasi motivasi pada siklus II ini dikategorikan motivasi siswa tinggi, adapun peningkatan motivasi tersebut yaitu sebesar 35 %.

Keywords


Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Pencemaran Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharshimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Hamzah B. Uno. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara

Sardiman A.M 2016. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LEMBAGA RA KECAMATAN KARAWANG BARAT KABUPATEN KARAWANG. DOI : 10.31604/ptk.v7i1.26-40 Geugeu Siti Jenab, Astuti Darmiyanti, Nur Rochimah

Madya, S. (2011). Teori dan praktik penelitian tindakan (action research). Bandung: Alfabeta

Samsul Arifin (2021), Model PBL ( Problem Based Learning)Berbasis Kognitif Dalam Pembelajaran Matematika. Indramayu: Adab

Anwar, Azwar, dkk (2023), Statistika Dasar (Teori dan Konsep Dasar), Sonpedia Publishing Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i1.192-197

Article Metrics

Abstract view : 324 times
PDF - 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.