PENGEMBANGAN INSTRUMEN SIKAP TOLERANSI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 SD

Lailia Novitasari, Naniek Sulistya Wardani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui cara pengembangan produk instrumen sikap toleransi dalam pembelajaran tematik siswa kelas 5 SD, (2) mengukur tingkat validitas dan reliabilitas intrumen sikap toleransi dalam pembelajaran tematik siswa kelas 5 SD, (3) mengetahui kualitas instrumen sikap toleransi dalam pembelajaran tematik siswa kelas 5 SD.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan jenis 3 D yakni (1)Define, (2)Design, (3)Development. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Tegalrejo 04, SDN Ledok 02, dan SDN Salatiga 01 Kota Salatiga. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sikap toleransi berupa skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan instrumen sikap toleransi dalam pembelajaran tematik siswa kelas 5 SD yaitu mengkaji silabus, menentukan tema, sub tema dan pembelajaran, menentukan KI/KD dan indikator, membuat RPP, membuat kisi-kisi pengukuran, membuat instrumen, validasi pakar, uji coba produk awal, penyempurnaan hasil ujicoba produk awal, ujicoba lapangan lebih luas 1 dan 2, penyempurnaan hasil ujicoba lapangan lebih luas 1 dan 2. (2) validitas instrumen dalam ujicoba produk awal 0,410 ≤rhit ≥0,713, maka validitas instrumen tinggi; ujicoba produk akhir ke 1 0,432 ≤rhit ≥0,743, maka validitas instrumen tinggi; dan ujicoba produk akhir ke 2 0,375 ≤rhit ≥0,756, maka instrumen validitas instrumen tinggi.  Instrumen terdiri 30 butir pernyatan (100%) dinyatakan valid. Reliabilitas yang dihasilkan dari ketiga ujicoba lapangan terbatas, sampai lapangan lebih luas ke 2 berturut-turut menunjukkan α sebesar 0,947,  α =0,948 dan α=0,958, maka instrument sangat reliabel. (3) Kualitas instrumen sikap toleransi dalam pembelajaran tematik siswa kelas 5 SD tergolong baik dan layak digunakan.


Keywords


Pengembangan, Instrumen Sikap Toleransi, Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Astuti, Dwi A. 2017. Inmplementasi Nilai Hormat Dan Santun Dalam Pendidikan Karakter Oleh Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Candra, Intan., dkk. 2018. Pengembangan Instrumen Sikap Sosial Tematik Siswa SD Kelas IV. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.2. No.4. 455-461.

Digdoyo, Eko. 2019. Kajian Isu Toleransi Beragama, Budaya, Dan Tanggung Jawab Sosial Media. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol.3 No. 1. 42-59.

Hardiani, Iska N. dan Naniek Sulistya Wardani. 2017. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Sosial Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Mitra Pendidikan. Vol.1 . No.6. 615-628.

Ikaningrum, Tanti R., dan Naniek Sulistya Wardani. 2019. Upaya Peningkatan Sikap Toleransi Melalui PS-TGT Siswa Kelas IV SDN Sidorejo Lor 03 Semester II TA.2018/2019. Jurnal Basicedu. Vol.3. No. 1. 244-249.

Kusumawati, Tri. 2015. Pengembangan Instrumen Penilaian Ranah Afektif Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal SMaRT. 111-123.

Lisanti, Galih Harsul. 2013. Membangun Nilai Toleransi Siswa Melalui Metodethink Pair Share (TPS) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di SD Negeri Deresan. Fakultas Ilmu Pendidikan-Universitas Negeri Yogyakarta.

Mawardi. 2019. Rambu-Rambu penyusunan Skala Sikap Model Likert Untuk Mengukur Sikap Siswa. Jurnal Scholaria. Vol. 9 No. 3.292-304.

Ngaziz, Muhimah. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Dengan Tema Pariwisata Pada Kelas II MI Ma’arif Sukun 1 Malang. Jurusan Sejarah-Fakultas Ilmu Sosial- Universitas Negeri Semarang.

Simarmata, Nada N, dkk. 2019. Dalam Penelitian. Pengembangan Instrumen Penialian Sikap Toleransi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Basicedu. Vol. 3, No. 1. 192-199.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan Research & Development. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Wardani, Naniek S, dkk. 2012. Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i1.41-52

Article Metrics

Abstract view : 6398 times
PDF - 3339 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.