UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DI SMA NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN

Jalilah Azizah Lubis, Mhd Addiansyah Nasution

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Jenis penilitian adalah penelitian tindakan kelas. Model pembelajaran yang digunakan adalah Concept Sentence. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 3 Padangsidimpuan yang terdiri dari 34 orang siswa. Sedangkan teknik dan alat pengumpul data yaitu tes dan observasi. Hasil penelitian dapat dilihat dari tes Hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 61,76%, pada siklus II menjadi 76,47% dengan peningkatan sebesar 14,71%. Kemudian aktivitas belajar biologi siswa meningkat, hal ini diperoleh dari persentase 60,25% siklus I, dan 75,25% pada siklus II. Sehingga peningkatan sebesar 15%.


 


Keywords


Learning Outcomes, Learning Activities Giving Question And Getting Answer.

Full Text:

PDF

References


Anas Salahudin. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin: CV. Aswaja Pressindo.

Pangestuti, A. A. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading – Concept Map –Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Ipa 4 Sma Laboratorium Um. Prosiding Seminar Biologi, 11(1), 963–968.

Rafida Putriana, 2016. Rafida Putriana, 2016 Penerapan Metode Kooperatif Talking Chips Pada Mata Pelajaran Utilitas Bangunan Siswa Kelas XI TGB di SMK Negeri 9 Garut Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu.

Sardirman, A. . 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar.

Wit, N., Wahyuni, F. R. E., & Supiandi, M. I. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Hasil Belajar Kognitifsiswa Pada Materi Alat Indra Manusia Kelas Ix Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kayan Hilir Tahun Pelajaran 2017/2018. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2(1), 32–40.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i1.34-40

Article Metrics

Abstract view : 1039 times
PDF - 661 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.