MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH MELALUI PENGEMBANGAN MANAJEMEN SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Lampola Sitorus, Emelda Thesalonika

Abstract


Manajemen sekolah merupakan proses pengelolaan sekolah dengan memaksimalkan manfaat dari sumber daya yang dimiliki oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Kajian mengenai besarnya dampak pengembangan manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah menengah pertama disajikan dalam artikel ini. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mendeskripsikan proses pengembangan manajemen sekolah  dimulai dari penguatan kerjasama tim yang berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru, penyusunan dan pelaksanaan program sekolah hingga evaluasi berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah. Program sekolah yang dirancang secara efektif berhasil meningkatkan mutu sekolah melalui peningkatan capaian prestasi belajar siswa. Dalam keberhasilan pelaksanaan program sekolah, guru memiliki peranan yang sangat penting dan menjadi penentu berhasil tidaknya sebuah sekolah mencapai tujuan pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam membina kolaborasi dan menumbuhkan loyalitas guru efektif dalam meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru. Melihat besarnya pengaruh pengembangan manajemen yang baik terhadap peningkatan mutu sekolah, maka setiap pimpinan sekolah harus memiliki kemampuan manajerial yang baik.  


Keywords


manajemen sekolah, mutu sekolah.

Full Text:

PDF

References


Admelia, M., Farhana, N., Nurmalia, L., & Koyimah, K. (2021). Analisis Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1654. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V10i6.8555

Amka. (2020). Pengembangan Manajemen Sekolah Menciptakan Budaya, Menghasilkan Kebijakan, Mengembangkan Praktik Inklusif. In Rizki Janata (Ed.), Nizamia Learning Center. Nizamia Learning Center. File:///C:/Users/Asus/Documents/Sukses Jabfung Aa/Jurnal/Jurnal Referensi/Buku Pengembangan Manajemen Sekolah.Pdf

Arisnaini. (2022). Kebersihan Kelas Dan Pengaruhnya Terhadap Fokus Belajar Siswa Pada Min 7 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Dan Humaniora, X(11), 1107–1114. File:///C:/Users/Asus/Downloads/5543-12480-1-Sm.Pdf

Basir, M. (2015). Pengaruh Kerja Tim Terhadap Kinerja Guru Smp Muhammad. Journal Of Est, 1(2), 8–19. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/177108-Id-Pengaruh-Kerja-Tim-Terhadap-Kinerja-Guru.Pdf

Budiman, S. (2019). Pengaruh Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Swasta (Mas) Al Wasliyah Kabupaten Labuhanbatu. Kapital : Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 1–8.

Https://Ejurnal.Univalabuhanbatu.Ac.Id/Index.Php/Kapital/Article/View/97

Dalmeri. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Al Ulum, 14(1), 269–288. Http://Download.Portalgaruda.Org/Article.Php?Article=175387&Val=6174&Title=Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona Dalam Educating For Character)

Dr. Riyuzen Praja Tuala, S.Pd., M. P. (2002). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. 1–140. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/12195/1/Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah.Pdf

Erica, D. (2015). Hubungan Dan Pengaruh Bimbigan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sma Kafah Unggul Tangerang. Journal Manajemen Informatika, 2(1), 1–13.

Ernawatie, Wisman, Y., & Syarif, A. (2023). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Tingkat Sd. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 410–418. Https://Doi.Org/10.37304/Jikt.V14i2.262

Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W. (2021). Pentingnya Penyusunan Rpp Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Belajar Mengajar Di Kelas. Idarotuna : Journal Of Administrative Science, 1(2), 81–94.

Https://Doi.Org/10.54471/Idarotuna.V1i2.10

Halawa, A. N. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi. Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 58–62.

Hamdani, D. (2022). Pengaruh Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Terhadap Minat Belajar Siswa Jurusan Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran (Otkp) Di Smk Negeri 1 Kadipaten. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(2), 175–184. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V7i2.46296

Hasibuan, U. R. A., Wirahayu, & Nasution, W. A. (2022). Evaluasi Program Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12293–12302. Https://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/4418%0ahttps://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/Download/4418/3682

Hasim S, M., Amiruddin, & Nuridayanti. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri Di Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Jurnal Media Elektrik, 17(2), 65–72.

Hassan, H., Rahmatullah, B., & Mohamad Nordin, N. (2014). Towards School Management System (Sms) Success In Teacher’s Perception. Malaysian Online Journal Of Educational Technology, 2(4), 50–60.

Hidayah, N. (2022). Pandangan Terhadap Problematika Rendahnya Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(4), 6593–6601.

Hidayat, E. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Sekolah (Pengaruh Dari Faktor Kinerja Mengajar Guru Dan Pemanfaatan Sumber Belajar). Jurnal Administrasi Pendidikan, 11(1), 81–88.

Https://Doi.Org/10.17509/Jap.V21i1.6663

Ismaji. (2011). Pengaruh Belajar Tambahan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas Viii Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 332 Pekanbaru. In Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasimriau Pekanbaru.

Https://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/766/1/2011_2011456.Pdf

Kandowangko, N., Halean, S., & Goni, S. (2021). Peranan Pendidikan Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di Sma Negeri 1 Tampan Amma Di Talaud. Journal Holistik, 14(2), 1–17. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Holistik/Article/Download/34453/32350

Kemendikbud. (2016). Kepala Sekolah Sebagai Manager. In Litbang Kemdigbud. Https://Pskp.Kemdikbud.Go.Id/Assets_Front/Images/Produk/1-Gtk/Kebijakan/2017_Kepala_Sekolah_Sebagai_Manager.Pdf

Khairani, D. I., Wijaya, C., & Saputra, E. (2003). Komitmen Guru Terhadap Efektifitas Kinerja Guru Di Sma Se Kecamatan Medan Labuhan. At-Tazakki, 2(20), 249–260. File:///C:/Users/Asus/Downloads/1873-4666-1-Sm.Pdf

Kurniawati, Kusdarianto, I., & Mustafa Muhani, P. (2020). Pengaruh Konflik Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Pt Pln (Persero) Rayon Masamba Kabupaten Luwu Utara. E-Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia Ump, X, Issn : 1-11. Http://Repository.Umpalopo.Ac.Id/585/1/Jurnal 201620237.Pdf

Kurniawati, M. (2014). Kajian Motivasi Belajar Mandiri Siswa Melalui Pembinaan Dan Pendampingan Olimpiade Sains Nasional (Osn) Bidang Kimia Pada Siswa Sma. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 4(1), 446–455. Https://Ejournal.Unikama.Ac.Id/Index.Php/Jrnspirasi/Article/View/388

Leni Novita. (2017). Indikator Sekolah Bermutu Menurut Perspektif Orangtua Siswa Di Smp Negeri 2 Bantul. Indikator Mutu Sekolah... (Leni Novita), Vi(2), 184–193.

Lindawati. (2023). Pengaruh Penggunaan Rrp Dapat Meningkatkan Nilai Belajar Siswa Semester Ganjil Di Min 17 Bireuen Tahun Pelajaran 2022-2023. Jim: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–52. Https://Doi.Org/10.24815/Jimps.V8i1.24745

Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20. Https://Doi.Org/10.36412/Ce.V3i1.904

Mustari, M. (2022). Administrasi Dan Manajemen Pendidikan Sekolah (A. I. S. Rahman, M. Taufiq (Ed.); 1st Ed.). Penerbit: Prodi S2 Studi Agama-Agama Uin Sunan Gunung Djati Bandung Jalan Soekarno-Hatta, Cimincrang, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat

Mutokhar, P. M. (2014). Manajemen Mutu Sekolah (P. 308).

Nurfajrianti. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Hasil Belajar Ppkn Pada Siswa Smp Negeri 1 Marioriawa Kabupaten Soppeng Skripsi. In Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab (Vol. 1, Issue 1). Https://Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id/Upload/7243-Full_Text.Pdf

Pranilsa, F., & Monika, M. S. (2020). Pengaruh Manajemen Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 9–12. File:///C:/Users/Asus/Downloads/2011-5381-1-Pb.Pdf

Puspitasari, S., & Budiastuti, E. (2018). Hubungan Perawatan Diri Dengan Sikap Sosial Remaja Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pks, 17(4), 329–338. File:///C:/Users/Asus/Downloads/25297-Article Text-29633-1-10-20180820.Pdf

R, P., Madani, M., & Mustari, N. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Smkn 1 Papalang Kecamatan Papalang Kabupaten Mamuju. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (Kimap), 1(3), 935–948. Https://Journal.Unismuh.Ac.Id/Index.Php/Kimap/Article/View/3763

Restatillah, F., Maryani, N., & Fauziah, R. (2020). Pengaruh Loyalitas Guru Terhadap Kinerja Guru. E-Journal Skripsi, 3(1), 17–30. Https://Ojs.Unida.Ac.Id/Al-Kaff/Article/View/2611/Pdf

Sagaf S Pettalongi. (2009). Manajemen Mutu Dalam Pendidikan (A. Dara Dewi. M (Ed.)). Gava Media. Http://Inlislite.Stieipwija.Ac.Id/Uploaded_Files/Temporary/Digitalcollection/Zjmwntbimjywmgjmymm4mzzhztg3njvkmzvhowixn2zizwjkywu1nw==.Pdf

Sakir, I., & Hartiniingsih, S. (2018). Peran Kepala Sekolah Sebagai Administrator (Studi Multisitus) Di Min 1 Dan Min 2 Flores Timur. Jurnal Visionary, 6(2), 197–208.

Https://E-Journal.Undikma.Ac.Id/Index.Php/Visionary/Article/View/638

Saputra, A. A., Efriliyanti, L., Satera, A., & Hakim, A. (2022). Peran Manajemen Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Palembang. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 371–385. Https://Doi.Org/10.32923/Edugama.V8i2.2967

Sari, E. P. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Program Ipa Di Sma Negeri 1 Cerme Gresik. Avatara, E- Journal Pendidikan Sejarah, 6(3), 79–87. File:///C:/Users/Asus/Downloads/25297-Article Text-29633-1-10-20180820.Pdf

Siahaan, A., Akmalia, R., Ray, A. U. M., Sembirin, A. W., & Yunita, E. (2023). Upaya Meningkatan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Journal On Education, 5(3), 6933–6941. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V5i3.1480

Siswopranoto, M. F. (2022). Standar Mutu Pendidikan. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 17–29. Https://Doi.Org/10.54437/Alidaroh.V6i1.372

Sudrajat, A. (2011). Mengapa Pendidikan Karakter. 1(1). Https://Doi.Org/10.21831/Jpk.V1i1.1316

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R@D (1st Ed.). Alfabeta.

Suncaka, E. (2023). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia. Unisan Jurnal: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 02(03), 36–49. File:///C:/Users/Asus/Downloads/1234-Article Text-2974-1-10-20230331 (1).Pdf

Supriyanto, A., Timan, A., Pendidikan, M., & Negeri, U. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Internal Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan. Jmsp (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 3(2000), 130–137. File:///C:/Users/Asus/Downloads/8015-24501-1-Pb.Pdf

Suryawan, I. P., Gita, I. N., & Hartawan, I. Y. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Berbakat Dalam Bidang Olimpiade Matematika Tingkat Sd. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 100–112.

Suwardi, Firmiana, M. E., & Nida, F. (2015). Pengaruh Loyalitas Terhadap Kinerja. Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 3 No. 1(1), 96–108. File:///C:/Users/Asus/Downloads/200-691-1-Sm.Pdf

Suzannaa, D., & Fauzana, R. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sma Di Kabupaten Sintang. Jurnal Basicedu, 5(2), 257–268. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i2.711

Telaumbanua, K. (2020). Pengaruh Kedisplinan Guru Pak Terhadap Disiplin Siswa Dalam Belajar Di Sd Smart Eureka, Depok, Jawa Barat. Voiceofhami, 2(2), 111–126. Http://Stthami.Ac.Id/Ojs/Index.Php/Hami

Triani, D. A. (2023). Evaluasi Strategi Dalam Manajemen Pengendalian Mutu Pembelajaran Program Studi Pgmi Fakultas Tarbiyah Iain Kediri. Joiem (Journal Of Islamic Education Management), 4(1), 1–23. Https://Doi.Org/10.30762/Joiem.V4i1.914

Yulia Rachmawati. (2017). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Man 2 Padangsidimpuan. In Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman 1(1). Https://Doi.Org/10.31604/Muaddib.V1i1.108

Zulparis, Z., Mubarok, M., & Iskandar, B. (2021). Keterlibatan Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(1), 188. Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V9i1.33292




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i1.114-126

Article Metrics

Abstract view : 385 times
PDF - 55 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.