MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH MELALUI PENGEMBANGAN MANAJEMEN SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Manajemen sekolah merupakan proses pengelolaan sekolah dengan memaksimalkan manfaat dari sumber daya yang dimiliki oleh sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan. Kajian mengenai besarnya dampak pengembangan manajemen sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah menengah pertama disajikan dalam artikel ini. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mendeskripsikan proses pengembangan manajemen sekolah dimulai dari penguatan kerjasama tim yang berpengaruh terhadap peningkatan kinerja guru, penyusunan dan pelaksanaan program sekolah hingga evaluasi berkelanjutan yang dilakukan oleh sekolah. Program sekolah yang dirancang secara efektif berhasil meningkatkan mutu sekolah melalui peningkatan capaian prestasi belajar siswa. Dalam keberhasilan pelaksanaan program sekolah, guru memiliki peranan yang sangat penting dan menjadi penentu berhasil tidaknya sebuah sekolah mencapai tujuan pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam membina kolaborasi dan menumbuhkan loyalitas guru efektif dalam meningkatkan profesionalisme dan kinerja guru. Melihat besarnya pengaruh pengembangan manajemen yang baik terhadap peningkatan mutu sekolah, maka setiap pimpinan sekolah harus memiliki kemampuan manajerial yang baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Admelia, M., Farhana, N., Nurmalia, L., & Koyimah, K. (2021). Analisis Keterlibatan Orang Tua Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1654. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V10i6.8555
Amka. (2020). Pengembangan Manajemen Sekolah Menciptakan Budaya, Menghasilkan Kebijakan, Mengembangkan Praktik Inklusif. In Rizki Janata (Ed.), Nizamia Learning Center. Nizamia Learning Center. File:///C:/Users/Asus/Documents/Sukses Jabfung Aa/Jurnal/Jurnal Referensi/Buku Pengembangan Manajemen Sekolah.Pdf
Arisnaini. (2022). Kebersihan Kelas Dan Pengaruhnya Terhadap Fokus Belajar Siswa Pada Min 7 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Dan Humaniora, X(11), 1107–1114. File:///C:/Users/Asus/Downloads/5543-12480-1-Sm.Pdf
Basir, M. (2015). Pengaruh Kerja Tim Terhadap Kinerja Guru Smp Muhammad. Journal Of Est, 1(2), 8–19. Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/177108-Id-Pengaruh-Kerja-Tim-Terhadap-Kinerja-Guru.Pdf
Budiman, S. (2019). Pengaruh Manajemen Konflik Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Swasta (Mas) Al Wasliyah Kabupaten Labuhanbatu. Kapital : Jurnal Ilmu Manajemen, 1(2), 1–8.
Https://Ejurnal.Univalabuhanbatu.Ac.Id/Index.Php/Kapital/Article/View/97
Dalmeri. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter. Al Ulum, 14(1), 269–288. Http://Download.Portalgaruda.Org/Article.Php?Article=175387&Val=6174&Title=Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah Terhadap Gagasan Thomas Lickona Dalam Educating For Character)
Dr. Riyuzen Praja Tuala, S.Pd., M. P. (2002). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. 1–140. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/12195/1/Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah.Pdf
Erica, D. (2015). Hubungan Dan Pengaruh Bimbigan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Sma Kafah Unggul Tangerang. Journal Manajemen Informatika, 2(1), 1–13.
Ernawatie, Wisman, Y., & Syarif, A. (2023). Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Tingkat Sd. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 14(2), 410–418. Https://Doi.Org/10.37304/Jikt.V14i2.262
Gustiansyah, K., Sholihah, N. M., & Sobri, W. (2021). Pentingnya Penyusunan Rpp Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Belajar Mengajar Di Kelas. Idarotuna : Journal Of Administrative Science, 1(2), 81–94.
Https://Doi.Org/10.54471/Idarotuna.V1i2.10
Halawa, A. N. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Peningkatan Kualitas Mutu Instansi. Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 58–62.
Hamdani, D. (2022). Pengaruh Desain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Terhadap Minat Belajar Siswa Jurusan Otomatisasi Dan Tata Kelola Perkantoran (Otkp) Di Smk Negeri 1 Kadipaten. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(2), 175–184. Https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V7i2.46296
Hasibuan, U. R. A., Wirahayu, & Nasution, W. A. (2022). Evaluasi Program Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12293–12302. Https://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/4418%0ahttps://Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/Download/4418/3682
Hasim S, M., Amiruddin, & Nuridayanti. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Smk Negeri Di Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Jurnal Media Elektrik, 17(2), 65–72.
Hassan, H., Rahmatullah, B., & Mohamad Nordin, N. (2014). Towards School Management System (Sms) Success In Teacher’s Perception. Malaysian Online Journal Of Educational Technology, 2(4), 50–60.
Hidayah, N. (2022). Pandangan Terhadap Problematika Rendahnya Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(4), 6593–6601.
Hidayat, E. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Sekolah (Pengaruh Dari Faktor Kinerja Mengajar Guru Dan Pemanfaatan Sumber Belajar). Jurnal Administrasi Pendidikan, 11(1), 81–88.
Https://Doi.Org/10.17509/Jap.V21i1.6663
Ismaji. (2011). Pengaruh Belajar Tambahan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas Viii Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 332 Pekanbaru. In Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasimriau Pekanbaru.
Https://Repository.Uin-Suska.Ac.Id/766/1/2011_2011456.Pdf
Kandowangko, N., Halean, S., & Goni, S. (2021). Peranan Pendidikan Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Di Sma Negeri 1 Tampan Amma Di Talaud. Journal Holistik, 14(2), 1–17. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Holistik/Article/Download/34453/32350
Kemendikbud. (2016). Kepala Sekolah Sebagai Manager. In Litbang Kemdigbud. Https://Pskp.Kemdikbud.Go.Id/Assets_Front/Images/Produk/1-Gtk/Kebijakan/2017_Kepala_Sekolah_Sebagai_Manager.Pdf
Khairani, D. I., Wijaya, C., & Saputra, E. (2003). Komitmen Guru Terhadap Efektifitas Kinerja Guru Di Sma Se Kecamatan Medan Labuhan. At-Tazakki, 2(20), 249–260. File:///C:/Users/Asus/Downloads/1873-4666-1-Sm.Pdf