IMPLEMENTATION OF THE MERDEKA CURRICULUM ON THE DEVELOPMENT OF PANCASILA CHARACTER OF STUDENTS IN INDONESIA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teori Dan Praktik. In Fakultas Tarbiyah Uin Sunan Kalijaga (Vol. 1, Issue 2).
Bahri, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Dasar Dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1). Https://Doi.Org/10.22373/Jiif.V11i1.61
Burhani, A. R. (2017). Tinjauan Filosofis Tentang Kurikulum. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2). Https://Doi.Org/10.38073/Jpi.V7i2.53
Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Prototipe Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1). Https://Doi.Org/10.24114/Jbrue.V8i1.32650
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2). Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2504
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(3). Https://Doi.Org/10.46306/Lb.V3i3.180
Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3). Https://Doi.Org/10.29303/Jipp.V8i3.1470
Hamdi, M. M. (2020). Evalusi Kurikulum Pendidikan. Intizam, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1).
Hanipah, S., Jalan, A. :, Mopah, K., & Merauke, L. (2023). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Memfasilitasi Pembelajaran Abad Ke-21 Pada Siswa Menengah Atas. In Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (Jubpi) (Vol. 1, Issue 2).
Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2). Https://Doi.Org/10.33650/Al-Tanzim.V1i2.113
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1). Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V6i1.3622
Iswanto, S. S. I., Nurasiah, N., & Putri, H. (2020). Sulam Kerawang Gayo: Budaya Lokal, Bernilai Karakter Dan Sebagai Identitas Bangsa. Diakronika, 20(2). Https://Doi.Org/10.24036/Diakronika/Vol20-Iss2/154
Jamalulail, Q., Yuniharto, B. S., & Zulfiati, H. M. (2023). Membangun Profil Siswa Berkebinekaan Global Melalui Ajaran Tamansiswa Ngandel, Kandel, Kendel, Dan Bandel. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 9(2). Https://Doi.Org/10.30738/Trihayu.V9i2.13972
Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Penggerak. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(2). Https://Doi.Org/10.30651/Lf.V6i2.14701
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2). Https://Doi.Org/10.36667/Jppi.V7i2.367
Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research, 3(2).
Karmedi, M. I., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal Of Education Research, 2(1). Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V2i1.45
Martin, R., & Simanjorang, M. (2022). Pentingnya Peranan Kurikulum Yang Sesuai Dalam Pendidikan Di Indonesia. Mahesa, 1.
Maskur, M. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Jkip), 1(3). Https://Doi.Org/10.61116/Jkip.V1i3.172
Maulany, L. E., Firman, F., & Netrawati, N. (2022). Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Pemantapan Arah Pilihan Karir Siswa Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6).
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5). Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i5.3617
Mulyadi, D. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 (Revisi) Di Sekolah Menegah Atas Pada Mata Pelajaran Peminatan. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(1). Https://Doi.Org/10.32529/Glasser.V5i1.785
Mulyatno, C. B., & Yosafat. (2022). Praktik Bergotong-Royong Dalam Hidup Bermasyarakat Sebagai Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2).
Munandar, A. (2018). Kurikulum Sebagai Jantung Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 0(0).
Nur Wijayanti, D. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Educatio. Https://Doi.Org/10.29408/Edc.V18i1.12518
Nurul Mahruzah Yulia, Suttrisno, Zumrotus Sa’diyah, & Durrotun Ni’mah. (2023). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2). Https://Doi.Org/10.38048/Jipcb.V10i2.1204
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 4(6), 1707–1715.