KESALAHAN BERBAHASA PADA BANNER DAN BROSUR MAKANAN DI PASAR GEDE SOLO

Efrida Qurotul A'yun, Kundharu Saddhono

Abstract


Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa resmi negara yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Melalui bahasa masyarakat mampu menyampaikan ide ataupun informasi bahkan adanya kemampuan untuk menciptakan keterkaitan antar sesama. Penelitian ini bertujuan melihat kesalahan penulisan media dalam ruang khususnya pada banner dan brosur makanan di lantai 2 Pasar Gede Solo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni teknik dokumentasi dan catat. Objek penelitian berupa media dalam berupa banner dan brosur makanan di lantai 2 Pasar Gede Solo. Dalam analisisnya peneliti menganalisis dan mengategorikan dalam 3 jenis kesalahan berbahasa. Penelitian ini menghasilkan adanya 3 jenis kesalahan berbahasa, yakni 4 kesalahan penulisan kata tidak baku, 5 kesalahan penulisan tanda baca, dan 7 kesalahan istilah asing. Kesalahan tersebut paling banyak terjadi pada kesalahan penulisan bahasa asing.

Keywords


kesalahan berbahasa, banner dan brosur, Pasar Gede Solo

Full Text:

PDF

References


Afifah. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Media Luar Ruang di Wilayah Kota Medan. Linguistik: Jurnal Bahasa dan Sastra, 2 (1), 14-37.

Arsanti, M., Chamalah, E., & Azizah, A. (2019). Kesalahan Penulisan Istilah Asing pada Papan Iklan Atau Reklame di Kota Semarang. Sasando: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pancasakti Tegal, 2(2), 260-273.

Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (Edisi V). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Faisah, N. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Surat-Menyurat di Kantor Kelurahan Layana Indah. Bahasa dan Sastra, 3(2).

Faizah, N., & Ramadhani, I. S. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Berita Online Liputan6 Edisi 18 Juli 2022. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 850-854.

Hasanudin, C. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Media Luar Ruang di Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17 (1), 117-126.

Maulidiah, R. H., Nisa, K., & Nasution, W. N. A. (2017). Problematika Menganalisis Wacana Secara Tekstual Dan Kontekstual Mahasiswa Fkip Una. Jurnal Bindo Sastra, 1(2), 95–102.

Nisa, K. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Berita Dalam Media Surat Kabar Sinar Indonesia Baru. Jurnal Bindo Sastra, 2(2), 218-224.

Rantika, N. (2022). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Media Luar Ruang Di Kota Purwodadi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).

Sugiyono. (2018). Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i1.100-106

Article Metrics

Abstract view : 143 times
PDF - 177 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.