EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA KELAS 11

(1) * Syifa Zazira'zain Mail (Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
(2) Mulin Nu'man Mail (Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia)
*corresponding author

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang diajarkan sejak jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Selain keterampilan kognitif, matematika juga memerlukan aspek afektif, salah satunya adalah disposisi matematis. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar dan disposisi matematis, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar dan disposisi mateamtis siswa kelas XI di salah satu SMA Swasta Yogyakarta. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di salah satu SMA swasta Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang terdiri dari 20 siswa di kelas eksperimen dan 20 siswa di kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan soal matematika materi matriks dan skala disposisi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Namun, tidak terdapat perbedaan disposisi matematis siswa antara kelas eksperimen dan kontrol.


Keywords


disposisi matematis, hasil belajar, problem based learning

   

DOI

https://doi.org/10.31604/ptk.v7i1.81-87
      

Article metrics

10.31604/ptk.v7i1.81-87 Abstract views : 1052 | PDF views : 228

   

Cite

   

Full Text

Download

References


Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2). http://dx.doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023

Amiluddin, R., & Sugiman, S. (2016). Pengaruh problem posing dan PBL terhadap prestasi belajar, dan motivasi belajar mahasiswa pendidikan matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 100–108. 10.21831/jrpm.v3i1.7303

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Hapsari, D., & Prasetio, A. (2017). Pengaruh kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 2 Bawang. EProceedings of Management, 4(1).

Indofah, A. V., & Hasanudin, C. (2023). Anggapan Siswa Tentang Pelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan. Seminar Nasional Daring Sinergi.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. National Academy Press.

Lestari, I. (2015). Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Maherta, A. D. (2023). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Turunan Fungsi Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Tangen Tahun Ajaran 2022/2023.

Mardani, N. K., Atmadja, N. B., & Suastika, I. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem based learning (PBL) terhadap Motivasi dan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 5(1), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v5i1.272

NCTM. (1989). Curriculum and evaluation standards for school mathematics. NCTM.

Priyanto, A. (2013). Penerapan Metode Stad Dalam Penigkatan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Kalam Cendekia Pgsd KebumeN, 1(1).

Purwaningsih, N. M., & Widana, I. W. (2017). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika dengan mengontrol bakat numerik siswa. Emasains, 6(2), 153–159. 10.5281/zenodo.3538893

Putri, B. B. A., Muslim, A., & Bintaro, T. Y. (2019). Analisis faktor rendahnya minat belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio Fkip UNMA, 5(2), 68–74. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.14

Putri, S. A., Nurimani, & Suyanto, A. (2021). Hubungan Kecemasan Matematis dengan Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III.

Rahmalia, R., Hajidin, H., & Ansari, B. I. (2020). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning. 7(1), 137–149. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.1038

Ratnasari, I. W. (2017). Hubungan minat belajar terhadap prestasi belajar matematika. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 289–293.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran saintifik untuk implementasi kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Sari, A. R., & Hardini, A. T. A. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i1.27870

Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Widyadari, 20(1).

Yasa, P. A. E. M., & Bhoke, W. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar matematika pada siswa SD. Journal of Education Technology, 2(2), 70–75.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher | Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.