PERAN INSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KURSUS TATA KECANTIKAN RAMBUT LKP PROSTYLE BEKASI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskrispsikan peran instruktur dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kursus tata kecantikan rambut di LKP Prostyle Bekasi, hasil belajar peserta didik kursus tata kecantikan rambut LKP Prostyle Bekasi, dan faktor pendukung dan penghambat peran instruktur dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kursus tata kecantikan rambut di LKP Prostyle Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek terdiri dari pengelola, dua instruktur, dan dua peserta didik kursus tata kecantikan rambut LKP Prostyle Bekasi. Analisis data mengikuti langkah-langkah seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peran instruktur dalam meningkatkan hasil belajar sangat penting dan berjalan lancar dengan tujuh peran yang dijalankan sebagai informator, organizator, motivator, pembimbing, inisiator, fasilitator, dan evaluator dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. 2) Hasil belajar peserta didik kursus cukup baik terdiri dari pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) yang cukup bagus, serta cekatan pada aketerampilan (psikomotorik). 3) Faktor pendukung peran instruktur dipengaruhi oleh kompetensi pengelola dan pendidik yang berkompeten, sarana prasarana memadai serta karakteristik peserta didik yang optimal. Sedangkan faktor penghambatnya menurunnya motivasi terhadap partisipasi peserta didik, daya saing banyaknya kursus yang berkualitas, serta pembiayaan pada keterbatasan pemasukan pengelolaan pendidikan.
Kata Kunci: Peran Instruktur, Hasil Belajar Peserta didik, Kursus Tata Kecantikan rambut
Full Text:
PDFReferences
Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.
Pratama, D. (2016). Peran Tutor Dalam Memotivasi Belajar Klien Reguler. Pendidikan Luar Sekolah, 1–9.
Marzuki, Saleh. 2012. Pendidikan Nonformal: Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: Rosdaka
Wahyudi, I. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Prestasi Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i1.62-68
Article Metrics
Abstract view : 381 timesPDF - 223 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.