PERAN INSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KURSUS TATA KECANTIKAN RAMBUT LKP PROSTYLE BEKASI

Yulita Aulia Nissa, Ika Rizqi Meilya, Ratna Sari Dewi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskrispsikan peran instruktur dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kursus tata kecantikan rambut di LKP Prostyle Bekasi, hasil belajar peserta didik kursus tata kecantikan rambut LKP Prostyle Bekasi, dan  faktor pendukung dan penghambat peran instruktur dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kursus tata kecantikan rambut di LKP Prostyle Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek terdiri dari pengelola, dua instruktur, dan dua peserta didik kursus tata kecantikan rambut LKP Prostyle Bekasi. Analisis data mengikuti langkah-langkah seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peran instruktur dalam meningkatkan hasil belajar sangat penting dan berjalan lancar dengan tujuh peran yang dijalankan sebagai informator, organizator, motivator, pembimbing, inisiator, fasilitator, dan evaluator dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. 2) Hasil belajar peserta didik kursus cukup baik terdiri dari pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) yang cukup bagus, serta cekatan pada aketerampilan (psikomotorik). 3) Faktor pendukung peran instruktur dipengaruhi oleh kompetensi pengelola dan pendidik yang berkompeten, sarana prasarana memadai serta karakteristik peserta didik yang optimal. Sedangkan faktor penghambatnya menurunnya motivasi terhadap partisipasi peserta didik, daya saing banyaknya kursus yang berkualitas, serta pembiayaan pada keterbatasan pemasukan pengelolaan pendidikan.

Kata Kunci: Peran Instruktur, Hasil Belajar Peserta didik, Kursus Tata Kecantikan rambut


Full Text:

PDF

References


Moleong, Lexy J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung : PT. Remaja Rosdakarya

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Pratama, D. (2016). Peran Tutor Dalam Memotivasi Belajar Klien Reguler. Pendidikan Luar Sekolah, 1–9.

Marzuki, Saleh. 2012. Pendidikan Nonformal: Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi. Bandung: Rosdaka

Wahyudi, I. (2012). Mengejar Profesionalisme Guru. Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i1.62-68

Article Metrics

Abstract view : 381 times
PDF - 223 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.