MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI PAUD NURUL-ILMI
Abstract
Pembelajaran sains anak usia dini dapat di lakukan dengan berbagai cara yang menyenagkan seperti melalui kegiatan mecampurkan primer menjadi beberaa warna sekunder.Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pembelajaran sains melalui kegiatan mencampurkan warna dalam mengembangkan kemampuan berpikir logis serta pemahaman tentang konsep warna pada anak-anak usia dini. Penelitian dilakukan dengan melibatkan 13 anak dari kelas A di Paud Nurul-Ilmi sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang di gunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian melibatkan 13 orang anak dari kelas A di Paud Nurul-Ilmi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains mencampurkan warna membawa dampak positif bagi anak usia 4-5 tahun. Anak mengalami peningkatan dalam pemahaman tentang warna primer dan sekunder setelah mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu, pembelajaran ini juga merangsang kemampuan berpikir kritis anak-anak melalui diskusi dan eksplorasi dalam kelompok kecil. Interaksi dengan teman-teman sebaya juga mempengaruhi perkembangan sosial anak-anak, mengajarkan mereka untuk berkomunikasi dengan baik dan kerja sama dalam mencampurkan warna.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anida, & Eliza, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1556–1565. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.898
Damayanti, A., & Mawaddah. (2020). Meningkatkan Keterampilan Proes Sains Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Eksperimen Mencampur Warna di PAUD Permata Hati Desa Jampang. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 88. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.556
Fardiah, Murwani, S., & Dhieni, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Sains. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 133. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.254
Febiyanti, A. (2019). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Menggunakan Media Celemek Multiguna Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak : Penelitian Kuasi Eksperimen pada Kelompok A PG-TK Darul Hikam Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Hazhari, A., Magdalena, M., & Warsih. (2021). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.54438/joee.v2i1.242
Hikam, F. F., & Nursari, E. (2020). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Sains Bagi Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 38–49. https://doi.org/10.37985/murhum.v1i2.14
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Khaeriyah, E., Saripudin, A., & Kartiyawati, R. (2018). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 102. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3155
Nainggolan, L. L., Simanjuntak, J., Anggraini, E. S., & Virganta, A. L. (2022). Analisis Metode Eksperimen Sains Melalui Kegiatan Pencampuran Warna Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Taruna Andalan Kecamatan Kerinci T.A 2020/2021. Jurnal Usia Dini, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/jud.v8i1.36187
Novie Azizah, E., Koesmadi, D. P., & Widyaningsih, I. (2021). Pengaruh Metode Eksperimen Melalui Media Realia Terhadap Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 82–91. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.159
Puspita, G. D., & Khotimah, N. (2023). Eksperimen Permainan Memancing Ikan Warna Terhadap Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia 4-5 Tahun. 03, 64–73. https://doi.org/10.53977/kumarottama.v3i1.893
Rahman, M. H. (2019). Peranan Guru dalam Mengembangan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Metode Eksperimen di PAUD Asuhan Bunda Kabupaten Asahan. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 114–123.
Rifai, A. (2019). Pengembangan Dan Inovasi Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di RA Ibnu Aqil Soreang Kabupaten Bandung. Waladuna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 1–10.
Rosmauli, C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 888–894. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.
Sumarsih, Nurmalina, & Astuti. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Warna dengan Metode Eksperimen. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 72–77. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.8
Susanti, R. A., & Yasniar, Y. (2022). Meningkatkan kemampuan mengenal warna pada anak usia dini melalui eksperimen warna di Kelas A TK Mekar Sari Lombok Timur. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 83–92. http://trilogi.ac.id/journal/ks/index.php/PAUD/article/view/1445
Uminar, A. N., Munafiah, N., & Imelda, I. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa/Berbicara Melalui Metode Bernyanyi di Kelomopk A pada Paud Teratai, Kecamatan Kemis, Tangerang. JIT: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 1(1), 37–48.
Wahyuni, S., Reswita, R., & Afidah, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Sains, Technology, Art, Engineering And Mathemathic Pada Kurikulum PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 297–309. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2441
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Yunani, & Halida, M. R. (2016). Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Kegiatan
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i2.174-182