PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI LEMBAGA RA KECAMATAN KARAWANG BARAT KABUPATEN KARAWANG

Geugeu Siti Jenab, Astuti Darmiyanti, Nur Rochimah

Abstract


Kompetensi utama yang harus dimiliki seorang guru adalah kompetensi pedagogik. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam melaksanakan kewajiban-kewajibannya secara bertanggung jawab dan layak. Semakin baik kompetensi pedagogik guru maka semakin baik kemampuan yang akan dimilikinya. Motivasi adalah suatu perubahan energi dalam diri seseorang yang ditandai dengan munculnya perasaan dan didahului dengan adanya tujuan, motivasi siswa dalam pendidikan akan mempengaruhi langkah selanjutnya dari apa yang akan dilakukan oleh siswa, karena itulah berbagai macam cara siswa berusaha semaksimal mungkin untuk memotivasi belajarnya dengan baik.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru di Lembaga RA se Kecematan Karawang Barat. (2) mengetahui tingkat motivasi belajar di RA, (3) mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di Lembaga RA Kecamatan Karawang Barat.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Subyek penelitian berjumlah 48 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik random sampling. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode angket berupa skala likert. Analisa data penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi Linier Sederhana, dengan bantuan SPSS versi 16.0 for windows.Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan hasil ; pada guru RA Kecamatan Karawang Barat memiliki tingkat kompetensi pedagogik dalam kategori yang tinggi sebesar 71%, motivasi belajar RA usia 5-6 Tahun sendiri juga masuk pada kategori yang tinggi sebesar 77 %. Dari hasil regresi linier sederhana menunjukkan besarnya nilai (1,229) > (0,087) dan signifikansi (0,601) < (0,05), maka hasil ini menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa.

Keywords


Kompetensi pedagogik guru, motivasi belajar siswa, siswa RA usia 5-6 Tahun Kecamatan Karawang Barat

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar

Kompetensi Guru. PT. Remaja Rosdakarya.

Anwar Hidayat. (2012). Tutorial Uji Normalitas Kolmogorov Smirnov dengan SPSS - Uji Statistik . Komputerisasi. https://www.statistikian.com/2012/09/uji- normalitas-dengan-kolmogorov-smirnov-spss.html

Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (6th ed.). Rineka Cipta.

Azwar, S. (2011). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Buthmann, A. (2010, February 26). Making Data Normal Using Box-Cox Power Transformation. iSixSigma. https://www.isixsigma.com/tools-templates/normality/making-data- normal-using-box-cox-power-transformation/

Djaman, D., Kartadinata, Sunaryo, Makmun, Syamsudin, A., & Yusuf, S. (2006).

Profesi Keguruan. Universitas Terbuka.

Fadlillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Ar-Ruzz Media.

Halida, A. M. R. (2016). Hubungan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru Taman Kanak -Kanak di Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Heryansyah, T. R. (2020). 5 Alasan Pentingnya Menyusun Rencana

Pembelajaran. Ruang Guru.

Irwanto, N., & Suryana, Y. (2016). Kompetensi Pedagogik: Untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Genta Group Production.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Anak Usia Dini. (2015). Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat.

Majid, A. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar

Kompetensi Guru. PT. Remaja Rosdakarya.

Masitoh, Setiasih, O., & Djoehaeni, H. (2005). Pendekatan Belajar Aktif Di

Taman Kanak -Kanak. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesi.

Muhadjir, N. (2003). Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial. Rake Sarasin. Mulyasa, E. (2010). Menjadi Guru Profesional. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2011). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. PT Remaja

Rosdakarya.

Mustofa, D., Soendjodjo, R. P., Susanti, A., Nurmianti, & Yuliantina, I. (2015).

Pedoman Pengembangan Tema Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. In Perencanaan Pebelajaran PIAUD. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pamungkas, A. T. (2017). Pengaruh Kompetensi GuruTerhadap Kinerja Guru di MI dan SD SE-Kecamatan Boyolangu kabupaten Tulungagung. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Permendiknas No 16 Tahun 2007.pdf. Retrieved October 6, 2021, from http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/prosespembelajaran/file/Permendiknas

%20No%2016%20Tahun%202007.pdf

PP No. 19 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 74

Tahun 2008 tentang Guru [JDIH BPK RI] . (2017). Pemerintah Pusat. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/51474/pp-no-19-tahun-2017

Prasongko, P. (2014). Kompetensi Profesional Dan Kualifikasi Akademik Guru Taman Kanak -Kanak (Tk) Di Kecamatan Purbalingga. Universitas Negeri Yogyakarta.

Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak -Kanak. 5(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970

Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Alfabeta. Rachmawati, Daryanto, & Turik. (2013). Penilaian Kinerja Profesi Guru dan

Angka Kreditnya. Gava Media.

Religia, S. B. (2016). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional terhadap Kinerja Guru SD Negeri SE-Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen. Universitas Negeri Semarang.

Rifma. (2016). Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru. Kencana. Saondi, O., & Suherman, A. (2010). Etika Profesi Keguruan. PT Refika Aditama.

Saudah. (2016). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam meningkatkan Perkembangan Anak di TK Inklusi ABA Nitikan Umbulharjo Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Setiawan, D., Tatminingsih, S., Amini, M., & Jovanka, D. R. (2014). Panduan

Kemantapan Kemampuan Profesional Guru (2nd ed.). Universitas Terbuka.

Setiawan, E. (2018). Kompetensi Pedagogik & Profesional Guru PAUD dan

SD/MI. Esensi Erlangga Group.

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Graha Ilmu. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (n.d.). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik . Suminah, E., Siantayani, Y., Paramitha, D., Ritayanti, U., & Nugraha, A. (2015).

Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. In

Perencanaan Pembelajaran PAUD. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Supardi. (2014). Kinerja Guru. Rajawali Press.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana. Team Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Quran. (2015). Al-Quran dan Terjemah.

PT Mizan Bunaya Kreativa.

UU14-2005GuruDosen.pdf. (n.d.). Retrieved October 22, 2021, from http://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU14-2005GuruDosen.pdf

Viqraizin, V. V. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Se Kecamatan Gondokusuman Yogyakata. Universitas Negeri Yogyakarta.

Wardani, V. P. (2013). Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Kelompok B Sekolah Taman Kanak -Kanak Dharma Wanita Se-Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Universitas Negeri Yogyakarta.

Agoes, Dariyo, (2017) Psikologi Perkembangan Anak Usia Tiga Tahun Pertama (Jakarta: PT. Refika Aditama)

Agus Suprijono. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Agus Wibowo, (2017) Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Agustian, Poernomo, & Puspitaningtyas. (2018). Pengaruh Kompetensi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Majalah Ilmiah Dian Ilmu, 17(2)

Ahmad Susanto.( 2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Kencana.

Alim Suwantono, M. I. (2019). Analisis Kompetensi Guru Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Melalui Semangat Kerja Di Smk Negeri 2 Bojonegoro. Jurnal Mitra Pendidikan E-ISSN 2550-0481 P-ISSN 2614- 7254.

A.M, Sardiman (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo

A. Pujiati, Maya. (2017). Cara Mudah Mengajar Anak Membaca. Jakarta: Nauka Publishing.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Banum Muslim Sri, (2015), Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru, Bandung: Alfabeta.

Dimyati & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Donni Junni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Djamarah & Zain (dalam Istarani). (2015). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

E. Mulyasa. (2017). Kurikulum berbasis kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Fachreza, Said Musnadi, M. Shabri Abd Majid. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dan Dampakna Pada Kinerja Bank Aceh Syariah Di Kota Banda Aceh. Junal Magister Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah. Vol. 2 No.1.

Fadli Rasam, A. I. (2019). Peran Kompetensi Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sma Jakarta Selatan. Research And Development Journal Of Education PIssn 2406-9744 EISSN 2657-1056.

Fillmore H Stanford, (2017). Human Resource Management FourteenthEdition Magraw Hill, New York.

Hamzah B. Uno, (2017) Teori Motivasi Dan Pengukurannya (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara

Imam Wahyudi, (2018), Mengejar Profesionalisme Guru: Strategi Praktis Mewujudkan Citra Guru Profesional, (Jakarta: Prestasi Pustaka)

Irwanto nur & suryana Yusuf, (2016) Kompetensi Pedagogik Untuk Peningkatan Dan Penilaian Guru Dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional (Surabaya: Genta Grup Prodaction).

Jejen Mustafa. (2015) Manajemen Pendidikan: Teori, Kebijakan dan Praktik. Jakarta: Kencana.

Kementrian Agama RI, (2017) Al-Qur’an Dan Terjemahnya, (Bogor: Unit Percetakan AlQur‟an)

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. (2017). Lebih Memahami Konsep dan Proses Pembelajaran. Yogyakarta : Kata Pena.

Kunandar. (2018). Langkah Muddah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Depok:Rajawali Pers.

Kerlinger. (2017). AsasAsas Penelitian Behaviour. Edisi 3, Cetakan 7. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Liem dan Waini Rasyidin, (2016)Pedagogik Teoritis dan Praktis (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset)

Lusri, L., Siagian, H. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediasi Pada Karyawan Pt. Borwita Citra Prima Surabaya. AGORA Vol. 5, No. 1.

Maulidah. (2017). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan. 6(2):1-20. Retrieved from http://journal.um-surabaya.ac.id.

Madyawati, Lilis. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group

Mursid, (2015). Belajar dan Pembelajaran PAUD, (Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet.I.

Mulyasa, E. (2016). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nirva Diana, Mesiono, (2016). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini Mewujudkan Sumber Daya Manusia Ber keunggulan, Medan,: Perdana Publishing

Nur Irwanto, Yusuf Suryana. (2015) Kompetensi Pedagogik Untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, 2005, 21.

Riduwan, dan Engkos Achmad Kuncoro. (2017). Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta

Sadulloh, U., Muharram, A., Robandi, B. (2018). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Sanjaya Wina, (2015). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, (Jakarta: Media Group)

Setiadi Susilo, (2016). Pedoman Administarsi PAUD, (Cet. I; Jakarta: Bee Media Pustaka.

Setyawan & Amir, (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif (Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Sudung Simatupang Marto Silalahi, ( 2019), Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Guru SMA Sultan Agung Pematangsiantar. No. 4 April (2019) 370-381

Sardiman. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Sugiyono, (2019) Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D, (Bandung : Alfabeta,

Suyatinah. (2015). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.

Syarifuddin, T. Kurniasih, (2017) Pengantar Filsafat Pendidikan, (Bandung: Percikan Ilmu)

Syaiful Sagala, (2017) Keguruan Proesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Bandung: Alfabeta,

Tambunan, R. (2015). Motivasi Intrinsik & Motivasi Ekstrinsik. Universitas Sumatera Utara: Tesis.

Trianto Ibnu Badar at-Taubany dkk, (2017). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 di Madrasah. Jakarta: Kencana

Triastuti, D. A. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kompetensi Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Journal of Management Review, 2(2), 203. https://doi.org/10.25157/jmr.v2i2.1796

Wina, Sanjaya. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yenni Fitra Surya, . (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1 No. 1




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i1.26-40

Article Metrics

Abstract view : 460 times
PDF - 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.