STUDI KASUS PERILAKU TEMPER TANTRUM PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA SABILUL MUTTAQIN CIKAMPEK

Aisyah Umardi, Rina Syafrida, Nancy Riana

Abstract


Temper tantrum merupakan ganguan emosional atau ledakan emosi yang terjadi pada siswa AF di RA Sabilul Muttaqin Cikampek. Tetapi hal tersebut wajar terjadi karna pada umur tersebut anak masih mengenal emosi dalam dirinya dan mencoba belajar mengungkapkan apa yang ia rasakan. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada sumber data primer yaitu kepada anak yang mengalami temper tantrum, guru, dan orang tua dan data sekunder dokumen-dokumen, artikel, dan  buku terkait tantrum dan komukasi persuasif. Hasil dari observasi dan wawancara yang dilakukan di RA Sabilul Muttaqin dengan subjek penelitian satu orang anak berinisial AF, menyatakan bahwa anak yang mengalami tantrum disebabkan karna kepergian ibunya yang bekerja sebagai asisten rumah tangga di luar kota sehingga anak merasa kekurangan kasih sayang dari seorang ibu. Solusi yang dilakukan oleh guru dan orang tua adalah dengan melakukan pendekatan persuasif dengan cara berangsur-angsur sehingga anak mau berbicara apa yang dia rasakan dan inginkan.


Keywords


Temper tantrum, persuasive communication, early childhood

Full Text:

PDF

References


Abram Babakal, et all. (2017). Hubungan Pola Komunikasi Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Tk Islamic Center Manado. Jurnal Keperawatan, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.35790/jkp.v5i1.14694

Ami, A. M. (2018). Implementasi Asesmen Dan Intervensi Bagi Anak Berperilaku Temper Tantrum. Jurnal.Untad.Ac.Id, 17(1). https://doi.org/10.41009/obsesi.v5i7.855

Cau Kim Jiu, et all. (2021). Perilaku Tantrum Pada Anak Usia Dini Di Sekolah, Jurnal Pelita Paud. 5(2). https://doi.org/Https://Doi.Org/10.33222/Pelitapaud.V5i2.1317

Darmiatun, S. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru TK Melalui Program Diklat Berkelanjutan (PKB) di Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2).

Dewi, Ajeng Rahayu Tresna, et all. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia DiniDewi, Ajeng Rahayu Tresna, et all. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 181–190. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.223. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 181–190. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.223

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Paud di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051–1059. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.465

Erna Sari, et all. (2019). Faktor Pekerjaan, Pola Asuh dan Komunikasi Orang Tua terhadap Temper Tantrum Anak Usia Prasekolah. Jurnal Llmu Keprawatan Anak, 3(2). https://doi.org/10.6537/ jurnal keperawatan anak .v8i7.675

Fikriyah, A. T., & Syafi’i, I. (2021). Peran Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Anak Temper Tantrum. WISDOM: JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21154/wisdom.v2i2.3077

Herawati, N. I. (2012). Menghadapi Anak Usia Dini Yang Temper Tantrum, jurnal pendidikan anak usia dini. 3(2).

Hidayati, B. M. R. (2021). Tipe Pola Asuh Orang Tua dengan Anak Temper Tantrum. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33367/ijhass.v2i1.1878

Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214 – 224. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152

Massalim, S, Z. (2019). Pengaruh kesejahteraan terhadap kinerja guru PAUD. 13(2), 11–16. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/jpls.v13i2.2650

Nurfadilah, M. F. I. (2021). Modifikasi Perilaku Anak Usia Dini untuk Mengatasi Temper Tantrum pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 69–76. https://doi.org/10.21003/Jpa.As1i6.1425

Qurniyawati, E. (2020). Penyapihan Dini, Toilet Training dan Pola Asuh serta Pengaruhnya pada Temper Tantrum. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 15(1). https://doi.org/10.14710/jpki.15.1.31-35

Shabrina, M. N., Azizah, N., & Rifqi, M. Z. (2020). Pembelajaran Tahfidz sebagai Media Menumbuhkan Karakter Tanggung Jawab pada Anak Temper Tantrum. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1099–1111. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.511

Simorangkir, M. R. R., & Lumbantoruan, J. H. (2021). Aksesibilitas Anak Berkebutuhan Khusus Di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 204–213. https://doi.org/10.33541/Jdp.V12i3.1295

Sukma, M. (2019). Hubungan antara Komunikasi Orang tua terhadap Anak dengan Temper Tantrum Anakdi TK Nurul Hidayah. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.19184/pk.v7i2.19122

Zakiyah, N. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kejadian Tempertantrum Pada Usia Toddler Di Dukuh Pelem kelurahan baturetno banguntapan Bantu. JURNAL ILMU KESEHATAN, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37341/interest.v6il.83




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v7i1.8-16

Article Metrics

Abstract view : 748 times
PDF - 264 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.