PENGEMBANAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI BERFIKIR KOMPUTASIONAL KELAS X DI SMK DEK PADANG

Niken Danel Putri, Adlia Alfiriani, Mourend Devegi

Abstract


The purpose of this study is to produce learning materials for computer science subjects at the DEK Padang (BK) School of Professional Computer Thought. This study uses research and development methods. The development model used in this study is the ADDIE model. The object of research used is the classroom. The search engine is a valuable tool because it uses a questionnaire that is validated by 6 validators. The authentication process includes 3 media authenticators and 3 hardware authenticators. The current instrument used a questionnaire administered to 24 students and 3 educators. The product created in this research is a learning tool. Based on the vehicle validation results, a vehicle validation score of 82.22 was achieved in the “Very valid” category. The result has a significant value of 90.97 with the category “Very valid”. We can therefore conclude that learning media is “very valuable”. Based on task results, educators received a score of 91.74 in the “Very Realistic” category. The student's practice level is 81.05 at the "Very Practical" level.


Keywords


Kata Kunci : Media pembelajaran, Berfikir Komputasional, Informatika, SMK

Full Text:

PDF

References


Aghni, R.I. (2018). Fungsi dan jenis bahan pembelajaran dalam penelitian akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https:http: http://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173

Anita Adesti dan Siti Nurkholimah. (2020). Membangun materi pembelajaran pada platform Android menggunakan aplikasi Adobe Flash CS 6 untuk mata pelajaran IPS. Pendidikan, 8(1), 27-38. HTTPS: //Doi.Org/10.35438/E.V8i1.2213

Azam, Moch. 2017. Pelajari tentang Android beserta sejarah, kelebihan dan kekurangannya. Dilihat di https: //www.nesabamedia.com/pengerti an-android-beserta kelebihan dan kekurangannya/ 25 April 2019.

Azam, Moch. 2017. Pelajari tentang Android beserta sejarah, kelebihan dan kekurangannya. Dilihat di https: //www.nesabamedia.com/pengerti an-android-beserta kelebihan dan kekurangannya/ 25 April 2019. Batubara, H.H. (2018). Mengembangkan materi pembelajaran matematika berbasis Android untuk siswa SD/MI. Moualimuna:

Majalah Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27. Irnin Agustina Dwi Astuti, dkk, Pengembangan materi pembelajaran fisika berbasis Android, Jurnal JPPF vol.3 no.1.

Joko Kuswanto dan Feri Radiansyah, “Mendukung pengembangan berbasis Android pada topik terkait sistem operasi jaringan Kelas XI”. Majalah Infotama Media Vol. 14 tidak. 1 Februari 2018

Kustandi, C. dan Darmawan, D. (2020). Mengembangkan fasilitas pembelajaran: Konsep dan aplikasi pengembangan materi pembelajaran bagi pendidik sekolah dan masyarakat. Komunikasi Prenada.

Kuswanto. J dan Radiansyah. F.(2018). Dukungan pembelajaran berbasis Android pada topik Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Majalah Infotama Media vol. 14 tidak. 1, eh. 15-2

Ahlini, Setya, Intan Satriani dan M. Rafi. "Pelatihan cara menggunakan aplikasi Canva sebagai alat untuk membantu membuat materi pendidikan untuk belajar bahasa Inggris." Abdimas Siliwangi 4.2 (2021): 335-343.

Riska Susila Putri, (2019). “Pengembangan Materi Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Koloid di SMA N 2 Banda Aceh”. Tesis, Banda Aceh. UIN Ar-Raniry. Halo Muhammad Yusuf dan Adam Mudinillah. “Pengembangan aplikasi Canva untuk pengajaran jarak jauh pembelajaran bahasa Arab di MT Thawalib Tanjung Limau Tanah Datar.” JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan 23.2 (2021): 101-111.

Sugihartini, N. dan Yudiana, K. (2018). Addie adalah model pengembangan bahan pembelajaran (MIE) untuk kurikulum dan pengajaran. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Profesi, 15(2), 277-286.

Sugiyono. (2019). “Karakteristik Metode Penelitian di Era Revolusi Industri 4.0,” Prosiding Konferensi Nasional Pendidikan, 178-179. Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Abjad Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan (metode kualitatif, kuantitatif dan R&D). Alfabet.

Triningsih, Diah Erna. “Gunakan Canva untuk meningkatkan presentasi dokumen masukan utama melalui pembelajaran berbasis proyek. "Telah mempelajari: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 15.1 (2021):128-144.

Verawati dan Comalasari, E (2019). Penggunaan Android dalam Prosiding Pendidikan Konferensi Nasional Pendidikan Guru Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 3 Mei 2019, 2 617-627. Wahyuni, S. dan Etfita, F. (2020). Mengembangkan aplikasi Android yang mendukung pembelajaran. Pedagogi: Jurnal Pendidikan, 9(1), 53-65. https: //Doi.Org/10.21070/Pedagogia.V9i1.271

Wirasasmita dan Uska (2018). Mengembangkan materi pembelajaran berbasis Android untuk siswa kelas XI pada topik terkait OS. PENDIDIKAN: Jurnal Pendidikan Komputer, 2(1), 24




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.924-932

Article Metrics

Abstract view : 470 times
PDF - 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.