PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI ALUR PROSES PRODUKSI MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 MERANGIN

Rifka Nur Hidayah, Heri Mulyono, Anggri Yulio Pernanda

Abstract


Tujuan  penelitian ini adalah menghasilkan materi pembelajaran berbasis Android pada  proses produksi multimedia di SMK Negeri 1 Merangin pada topik Teknik Pengolahan Audio and Video (TAV). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Subyek penelitian yang digunakan adalah siswa SMK Negeri kelas XII MM Merangin 1 yang mengikuti teknik pengolahan audio dan video (TAV) pada tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 35 siwa orang dan 3 orang guru. Alat penelitian merupakan alat yang berharga karena menggunakan kuesioner yang valid dengan 6 validator. Proses otentikasi mencakup 3  validator media dan 3  validator perangkat keras. Alat praktiknya menggunakan angket untuk siswa yang berjumlah 35 orang dan 3 orang guru. Produk yang dibuat pada penelitian ini adalah alat  pembelajaran berbasis Android. Berdasarkan hasil validasi media diperoleh skor validasi media sebesar 89,24 dengan kategori “Sangat Valid”. Hasilnya mempunyai nilai signifikan sebesar 93,47 dengan tipe “Sangat Valid”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android mempunyai nilai yang “sangat berharga”. Berdasarkan hasil latihan, guru memperoleh nilai 97,22 dengan kategori “Sangat Praktis”. Tingkat latihan siswa adalah 86,50 pada tingkat “Sangat Realistis”.


Keywords


Kata Kunci : Media pembelajaran android, Model ADDIE

References


Agustian, I., Saputra, HE dan Imanda, A. (2019). Pengaruh sistem informasi manajemen terhadap peningkatan kualitas pelayanan pada PT. Cabang Jasaraharja Putra Benkulu. Komunikasi Profesional dan Administrasi Publik, 6(1), 42-60.

Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, Simanjuntak, J. (2020). Media pendidikan. Platform menulis kami. Wati, LI dan Nugraha, J. (2021). Mengembangkan materi pembelajaran interaktif dengan dukungan Adobe Flash Cs6 untuk dokumen kantor Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), 65-76. Selanjutnya HH (2018). Mengembangkan materi pembelajaran matematika berbasis Android untuk siswa SD/MI. Mual:

Majalah Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 12-27. Widiyanti, M. dan Anugraheni, I. (2022). Pengembangan materi pembelajaran “Opera Juragan” berbasis Android pada perangkat keras operasi aritmatika SD. PENDIDIKAN:

Majalah PENDIDIKAN, 4(4), 5480-5485.

Verawati dan Comalasari, E (2019). Penggunaan Android dalam kegiatan pedagogi seminar nasional pascasarjana PGRI Palembang tanggal 3 Mei 2019,2 617-627

Wirasasmita dan Uska (2018). Membangun materi pembelajaran platform Android untuk siswa kelas XI pada mata pelajaran yang berkaitan dengan sistem operasi. PENDIDIKAN:

Jurnal Pendidikan Komputer, 2(1), 24.

Yuhender, W (2016). Mengembangkan materi pembelajaran smartphone untuk topik terkait teknologi informasi dan komunikasi di SMA Negeri 2 Makassar. Tesis Universitas Negeri Makassar, 98.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.889-896

Article Metrics

Abstract view : 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.