EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DAN MOTIVASI TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS XI TKJ PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI JARINGAN KABEL DAN NIRKABEL DI SMK NEGERI 2 PADANG

Yolda Melta Dutival, Faiza Rini, Adlia Alfriani

Abstract


Dalam proses yang lebih sederhana berdasarkan metode tradisional, dimana ada sesuatu yang perlu dipelajari siswa dan apa yang diajarkan kepadanya bukanlah materi untuk siswa, melainkan dengan kata lain. Ini adalah abad XI dalam teknologi jaringan kabel dan nirkabel. Ini adalah kata yang digunakan secara efektif oleh siswa kelas TKJ pada multimedia interaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen pendahuluan pada kelompok voortoets-natoets (voorlopige toets-finale toets) dengan dua jenis metode. Di perguruan tinggi, hal ini berada di bawah kendali kelas gebruik ini. Pekerjaan ini adalah keahlian serbaguna tentang apa yang harus dilakukan untuk pekerjaan pemeliharaan. : Ini adalah pengalaman eksperimental klasik untuk memberikan interaksi interaktif dengan multimedia dan oleh karena itu, hasilnya akan tercapai. Efektif dalam memotivasi siswa dan N-gains dicapai melalui kegiatan multimedia interaktif dan hasilnya efektivitas tersebut ditemukan melalui pembelajaran siswa di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 2 Padang. Hal ini ternyata merupakan hasil yang lebih efektif dengan perolehan N sebesar 97,95%. Efektif dalam memotivasi siswa dan N-gains dicapai melalui kegiatan multimedia interaktif dan hasilnya efektivitas tersebut ditemukan melalui pembelajaran siswa di kelas X TKJ 1 SMK Negeri 2 Padang. Ini adalah peristiwa yang sangat bagus dalam hal hasil akhir dengan rasio N-gain sebesar 97,95%. Hal ini menciptakan efek motivasi pada pemahaman siswa dan N-gain dengan efek interaktif multimedia interaktif dan sebagai hasilnya, efektivitas ini ditemukan dicapai dengan pelatihan siswa di kelas X TKJ 1 oleh SMK Negeri 2 Padang. Ini adalah peristiwa yang sangat bagus dalam hal hasil dengan tingkat N-gain sebesar 97,95%.


Full Text:

PDF

References


Arwanda, Priankalia dan lain-lain. “4. Menciptakan lingkungan pembelajaran narasi yang jelas untuk Kurikulum Berbasis Keterampilan Siswa Abad 21 2013 untuk SD Kelas 7.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah İbtidaiyah, vol. 4, sukses. 2 Februari 2020, halaman 193, https://Doi.Org/10.35931/Am.V4i2.331.

Cahyani, Adhetya dan lainnya. “Motivasi akademik siswa SMA berasal dari belajar di masa pandemi COVID-19.” IK (Ilmu Al-Quran): Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, sukses. 1 Januari 2020, hal. 123–40, https://Doi.Org/10.37542/Iq.V3i01.57.

Damopolii, Vemsi dkk. “Efektivitas lingkungan pembelajaran berbasis multimedia pada materi persegi panjang.” Algoritma: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 1, tyd. 2, 2020, hal. 74–85, https://Doi.Org/10.15408/Ajme.V1i2.14069.

Dela, Asmarita dkk. "Pengembangan materi interaktif multimedia tentang dasar-dasar pemrograman." Jurnal Pendidikan Seni dan Kejuruan, Vol. 1, td. 2, 2023, hal. 66-76.

Deriyan, Luvita Fariska dan Nurmairina. “Membangun alat video pembelajaran IPA menggunakan aplikasi Capcut untuk Kelas V.” Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan IPA (JP2MIPA), Vol. Juli 2022, hal. 1–10, https://Jurnal-Lp2m.Umnaw.Ac.Id/Index.Php/JP2MIPA/Article/View/1332.

Fatimah, 2019. Analisis tingkat kesukaran soal, kemampuan membedakan dan fungsi ilusi. Di bawah. 37-64.

Fauziah, Fatmah dkk. “Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa SMA pada mata pelajaran IPS”. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 1, td. Inggris, Januari 2016, hal. 26-37.

Hidayat, Fachrul dan Ima Mulyawati. "Kembangkan alat pembelajaran interaktif untuk pecahan matematika kelas 4 dengan Smart App Builder." JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 13, tidak. Bahasa Inggris, 1, 2022, hal. 111–20, http://Journal.Unj.Ac.Id/Unj/Index.Php/Jpd/Article/View/28297.

Hikmah, Sofia Nurul dkk. GUNAKAN APLIKASI MICROSOFT POWERPOINT. MEREKA TIDAK. 1 Januari 2020, hal. 15.00-19.00 menang

Himmah, Faiqotul dan Martini. “Pengembangan Konten Media Interaktif Menggunakan Ispring Suite 8 pada Materi Tambahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah.” Pikirkan: Jurnal Pendidikan, Vol. 5, sukses. Februari 2017, halaman. 73-82.

Husna, Fita Farita dan Tiflatul. “Pembelajaran Online Berbasis Edmodo dan Analisis Keterampilan Bahasa Indonesia di SMK Multi Karya Medan.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 8, baiklah. 1 Januari 2019, hal. 104–15, https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Jpbsi/Article/View/24018.

Mahardika, I.Ketut; Subiki; Putri Aurelya AW; Syahdilla Muhammad Ivan; Nisa Rohmi Khoirun. “Dampak Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Google Sites Terhadap Sastra Hukum Newton di SMA Islam Al-Hidayah Jember.” Jurnal Diklat Khazanah (JIK), Vol. 16, tyd. Bahasa Inggris, 2, 2022, hal. 80-85.

Nasution, M.Friantona dan Umar Darwin. "068074 Pengembangan Alat Peraga Berbasis Komputer dan Live Stories Siswa Kelas IV SDN Medan Denai 3 vir." Eduglobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 01, selalu sama. 1 Januari 2022, hal. 45-54.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.872-876

Article Metrics

Abstract view : 147 times
PDF - 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.