GANGGUAN DISLEKSIA PADA ANAK USIA 5 TAHUN (STUDI KASUS DI RA NURUL AKMAL CIBITUNG)

Feranti Nur Akmalia, Ine Nirmala, Nida’ul Munafiah

Abstract


Fokus penelitian ini adalah masalah anak yang mengalami kesulitan membaca, juga dikenal sebagai disleksia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan 1) masalah yang dihadapi anak yang mengalami disleksia, 2) variabel-variabel yang dapat mempengaruhi disleksia, dan 3) upaya guru untuk menyelesaikan masalah disleksia. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yang merupakan jenis studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Guru dan anak penyandang disleksia adalah sumber data penelitian ini. Mulai dari tahap pengumpulan, tahap reduksi, tahap penyajian, dan tahap penarikan kesimpulan, data yang dikumpulkan dianalisis secara kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa: 1) Beberapa masalah yang dihadapi oleh anak yang didiagnosis dengan disleksia termasuk ketidakmampuan mereka untuk membaca suku kata, diftong, dan digraf; mereka sering bertukar huruf, tidak dapat membedakan huruf yang hampir mirip, dan masih bingung saat mengeja kata. 2) Faktor lain yang mempengaruhi anak dengan disleksia adalah kelainan bawaan dan kurangnya keinginan orang tua untuk mendukung pendidikan anak baik di rumah maupun di sekolah. 3) Usaha guru dihargai. Namun, guru harus mendapatkan dan menerapkan pendekatan pembelajaran khusus untuk anak disleksia karena mereka memerlukan pendekatan pembelajaran khusus. Contoh pendekatan ini termasuk metode fonologis, yang menggunakan bunyi, atau pendekatan multisensori, yang menggunakan sensor visual, audiotori, kinestetik, dan taktil. Metode ini dapat mencegah kebosanan saat belajar, membuat belajar lebih mudah, dan merangsang semangat belajar siswa.

Keywords


Kesulitan Membaca, Anak Usia Dini, Penanganan

Full Text:

PDF

References


Aryani, R & Fauziah, P.Y,. 2021. Analisis Pola Asuh Orangtua Dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca Pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5 (2) 1127-1137.ISSN:2549-8959. DOI:10.31004.

Bagaskara, A.Y,. dkk. 2017. “Kesulitan Membaca Pada Anak Disleksia Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 (Studi Kasus Di SD Krebet 1 Malang)”. Skripsi. Malang: UIN Maulanan Malik Ibrahim.

Dynasti, R.H., 2018. “Pengembangan Kartu Huruf Berbasis Multusensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Murid Disleksia Kelas II Di SDIT Nurul Fkri Makassar”. Skripsi.Makassar : Universitas Negeri Makassar.

Feronika, L. 2016. “Studi Analisis Tentang Kesulitan Membaca (Dyslexia) Serta Upaya Mengatasinya Pada Siswa VB SD Muhammadiyah 22 Sruni, Surakarta”. Artikel Publikasi Ilmiah. Surakart : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Halfa, N., dkk. 2020. Pengenalan Anak Pengidap Disleksia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Vol 7 (2) 21-32.

Loeziana. 2017. Urgensi Mengenal Ciri Disleksia. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, Vol 3 (2).

Mardhiyah, A, dkk. 2019. Hambatan dan Upaya Guru Dalam Penanganan Siswa Disleksia di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol 4 (4)18-24. ISSN:2615-0344.

Masykuri. 2019. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I MI Pesantren Pembnagunan Cibeunying Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap Tahun 2017/2018”. Skripsi. Semarang : UIN Walisongo.

Munawaroh, M & Anggrayni, N.T,. 2015. Mengenali Tanda-Tanda Disleksia Pada Anak Usia Dini. In:Proseding Semnar Nasional PGSD UPY.

Muniksu, I.M & Muliani, N.M,. 2021. Mengenal Siswa Disleksia Sejak Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. ADI WIDYA : Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 6 (1). ISSN:2685-8312.

Nofitasari, A., dkk. 2015. Teori dan Metode Pengajaran Pada Anak Disleksia. In:Proseding Seminar Nasional PGSD UPY.

Pautina, A.R,. 2016. Efektifitas Konseling Kognitif Dalam Mengatasi Disleksia Pada Anak Kelompok B TK Damhil DWP UNG Kota Gorontalo Thaun Ajaran 2014/2015. Jurnal Irfani, Vol 12 (1)146-158. E-ISSN:2442-8272.

Rachmawati, W, dkk. 2022. Pengaruh Media Paper Plate Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Karawang. Jurnal Ilmiah Whana Pendidikan, Vol 8 (15) 325-334.

Ratnafuri, H. 2014. “Studi Kasus Tentang Kesulitan Belajar Mmembaca Kepada Siswa Dysleksia Kelas III SD Kaniisius Minggir Sleman. Skripsi.Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Riswandari, N & Yuwita, N,. 2019. Peranan Media Komunikasi Pembelajaran Bagi Anak Penyandang Disleksia. Jurnal Heritage, Vol 9 (2) 223-230. ISSN:2088-0626.

Sahadatunnisa, A, dkk. 2023. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol 5 (1) 262-273.

Suryani, W. 2021. “Upaya Guru Dalam Mengatasi Anak Yang Kesulitan Membaca Kelas II Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kota Jambi”. Skripsi. Jambi : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Supena, A & Mu’awwanah, U. 2021. Penggunaan Kartu Huruf Sebagai Media Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Aulad : Journal on Early Childhood, Vol 4 (2) 98-104. ISSN : 2655-4798.

Syahroni, I, dkk. 2021. Ciri-Ciri Disleksia Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, Vol 8 (2). E-ISSN:2502-6836.

Widodo, A, dkk. 2020. Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar. 1 MAGISTRA, Vol 11 (1).

Windasari, I.,dkk. 2022. Studi Kasus Terhadap Anak Berkesulitan Membaca (Disleksia) Pada Siswa Kelas II SDN Parakanmuncang I Kabupaten Sumedang. Literat : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 1 (1)Aeni, A. N. (2015). Menjadi guru SD yang memiliki kompetensi personal-religius melalui program one day one juz (ODOJ). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 212-223.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.789-795

Article Metrics

Abstract view : 512 times
PDF - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.