GANGGUAN DISLEKSIA PADA ANAK USIA 5 TAHUN (STUDI KASUS DI RA NURUL AKMAL CIBITUNG)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aryani, R & Fauziah, P.Y,. 2021. Analisis Pola Asuh Orangtua Dalam Upaya Menangani Kesulitan Membaca Pada Anak Disleksia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5 (2) 1127-1137.ISSN:2549-8959. DOI:10.31004.
Bagaskara, A.Y,. dkk. 2017. “Kesulitan Membaca Pada Anak Disleksia Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 (Studi Kasus Di SD Krebet 1 Malang)”. Skripsi. Malang: UIN Maulanan Malik Ibrahim.
Dynasti, R.H., 2018. “Pengembangan Kartu Huruf Berbasis Multusensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Murid Disleksia Kelas II Di SDIT Nurul Fkri Makassar”. Skripsi.Makassar : Universitas Negeri Makassar.
Feronika, L. 2016. “Studi Analisis Tentang Kesulitan Membaca (Dyslexia) Serta Upaya Mengatasinya Pada Siswa VB SD Muhammadiyah 22 Sruni, Surakarta”. Artikel Publikasi Ilmiah. Surakart : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Halfa, N., dkk. 2020. Pengenalan Anak Pengidap Disleksia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar,Vol 7 (2) 21-32.
Loeziana. 2017. Urgensi Mengenal Ciri Disleksia. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, Vol 3 (2).
Mardhiyah, A, dkk. 2019. Hambatan dan Upaya Guru Dalam Penanganan Siswa Disleksia di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kejuruan Muda, Aceh Tamiang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, Vol 4 (4)18-24. ISSN:2615-0344.
Masykuri. 2019. “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I MI Pesantren Pembnagunan Cibeunying Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap Tahun 2017/2018”. Skripsi. Semarang : UIN Walisongo.
Munawaroh, M & Anggrayni, N.T,. 2015. Mengenali Tanda-Tanda Disleksia Pada Anak Usia Dini. In:Proseding Semnar Nasional PGSD UPY.
Muniksu, I.M & Muliani, N.M,. 2021. Mengenal Siswa Disleksia Sejak Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. ADI WIDYA : Jurnal Pendidikan Dasar, Vol 6 (1). ISSN:2685-8312.
Nofitasari, A., dkk. 2015. Teori dan Metode Pengajaran Pada Anak Disleksia. In:Proseding Seminar Nasional PGSD UPY.
Pautina, A.R,. 2016. Efektifitas Konseling Kognitif Dalam Mengatasi Disleksia Pada Anak Kelompok B TK Damhil DWP UNG Kota Gorontalo Thaun Ajaran 2014/2015. Jurnal Irfani, Vol 12 (1)146-158. E-ISSN:2442-8272.
Rachmawati, W, dkk. 2022. Pengaruh Media Paper Plate Terhadap Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Karawang. Jurnal Ilmiah Whana Pendidikan, Vol 8 (15) 325-334.
Ratnafuri, H. 2014. “Studi Kasus Tentang Kesulitan Belajar Mmembaca Kepada Siswa Dysleksia Kelas III SD Kaniisius Minggir Sleman. Skripsi.Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.
Riswandari, N & Yuwita, N,. 2019. Peranan Media Komunikasi Pembelajaran Bagi Anak Penyandang Disleksia. Jurnal Heritage, Vol 9 (2) 223-230. ISSN:2088-0626.
Sahadatunnisa, A, dkk. 2023. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol 5 (1) 262-273.
Suryani, W. 2021. “Upaya Guru Dalam Mengatasi Anak Yang Kesulitan Membaca Kelas II Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Muhajirin Kota Jambi”. Skripsi. Jambi : UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Supena, A & Mu’awwanah, U. 2021. Penggunaan Kartu Huruf Sebagai Media Pembelajaran Membaca Anak Disleksia. Aulad : Journal on Early Childhood, Vol 4 (2) 98-104. ISSN : 2655-4798.
Syahroni, I, dkk. 2021. Ciri-Ciri Disleksia Pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, Vol 8 (2). E-ISSN:2502-6836.
Widodo, A, dkk. 2020. Analisis Penggunaan Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar. 1 MAGISTRA, Vol 11 (1).
Windasari, I.,dkk. 2022. Studi Kasus Terhadap Anak Berkesulitan Membaca (Disleksia) Pada Siswa Kelas II SDN Parakanmuncang I Kabupaten Sumedang. Literat : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 1 (1)Aeni, A. N. (2015). Menjadi guru SD yang memiliki kompetensi personal-religius melalui program one day one juz (ODOJ). Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 212-223.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.789-795
Article Metrics
Abstract view : 2714 timesPDF - 650 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.