PENINGKATAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL MELALUI MEDIA POP UP BOOK TEMATIK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN RA NIHAYATUL AMAL PURWASARI

Irma Rismayanti, Dewi Siti Aisyah, Feronica Eka Putri

Abstract


Kemampuan keaksaraan awal adalah komponen utama dalam meningkatkan aspek perkembangan intelegensi anak. Salah satu cara dalam mengenalkan keaksaraan awal pada anak adalah dengan mengenalkan simbol-simbol huruf. Pop up book merupakan media yang dapat dipergunakan untuk mengembangkan kemampuan keaksaraan awal dengan desain yang dirancang khusus sehingga mampu menarik minat anak. Dengan bantuan media buku pop-up dan metodologi penelitian tindakan kelas, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengkarakterisasi kemampuan literasi dini. Populasi pada penelitian ini adalah RA Nihayatul Amal Purwasari dengan kelompok B1 sebagai sampel penelitian. Dari hasil observasi pada tahap pra siklus menunjukkan hasil skor rata-rata sebanyak 49,3%, yaitu menunjukkan kemampuan keaksaraan awal yang ada pada tahap mulai berkembang. Pada siklus 1 presentase skor rata-rata menjadi 72,5% menunjukkan adanya peningkatan setelah adanya tindakan. Dilanjutkan pada siklus II pencapaian kemampuan keaksaraan awal mendapatkan skor rata-rata sebesar 87,1% menandakan bahwa kemampuan keaksaraan awal anak sudah berkembang sangat baik. Dengan hasil tersebut, terbukti bahwa dengan penggunaan media pop book book dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal pada anak usia 5-6 tahun di RA Nihayatul Amal Purwasari.


Keywords


Kemampuan Keaksaraan Awal, Pop Up Book, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Dewi Siti, et all. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita dalam PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4 (2), Hal 1-7.

Alsari, D., Sutrisno, S., & Yuniarti, Y. (2020). Penerapan Media Pop-Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia Dini Kelompok B 1 PAUD Kasih Bunda Pontianak Selatan. Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). 72-79.

Domitila, R. L. F. Y. dan T. (2017). Kelayakan Pop-Up Book Keragaman Jamur di Hutan Lindung Gunung Naning pada Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(12).

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rajawali Pers

Fajarwanti, A, dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Merangsang Minat Baca Siswa Kelas Vi Sd Di Masa Pandemi. Jurnal Graha Pengabdian, Vol. 3, No.4, Hal 334-344

Fazrul, Aprilyani, dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Materi Struktur Atom dalam AR-RAZI Jurnal Ilmiah.

Ismawati, dkk. (2021). Peranan Media Gambar Berbasis Pop-Up Book Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini. Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4 (1).

Nurlina Ismawati, Sri Widayati, Lu'lu' Khumairoh. (2023). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Papan Pintar", Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (Audhi), 2023

Jamaris, M. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo.

Jannah, dkk. (2020). Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan membaca Pada Anak Usia Dini dalam Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 1 (2). 1-17.

Khasanah, U. I. (2020). Mengembangkan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Media Bermain Pancing Pada Anak Kelompok A di RA Syaamila Kids Ngaglik Ledok Margo Mulyo Kota Salatiga Tahun Pembelajaran 2019/2020.1–127.

Matin, H. R. E. E. R. dan L. N. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book Anak Usia Dini Pada Kelompok B Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Di TK Nusa Indah. Jurnal Ceria, 2(2), 49–56

Muh. Shaleh, dkk. (2022) Kolaborasi Orang Tua dan Pendidik dalam Menstimulus Perkembangan Keaksaraan Anak Usia Dini, dalam Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Nurlina Ismawati, Sri Widayati, Lu'lu' Khumairoh. (2023). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Papan Pintar, dalam Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (Audhi).

Rachman, L. G. U. (2018). Perbedaan Pengaruh Media Pop Up Book Dan Big Book Terhadap Perkembangan Emosi Anak Usia Dini (Penelitian Eksperimen Di RA Persis No. 69 Manba’ul Huda Kec. Buah Batu Bandung). Skripsi. Studi Pendidikan Islam Anak Usia Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati.

Suyadi. (2010). Psikologi belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Depok: PEDAGOGIA.

Putri, FE, et all. (2023) Pemanfaataan Permainan Kartu Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan di TKIT MTA Karawang dalam PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran), 6 (1). Hal 1-6.

Wijayanti, R., & Iswahyudi, D. (2019). Pengaruh Media Pop Up RA Kartini Terhadap Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B TK Model Kota Malang Tahun 2018/2019. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Pendidikan (Vol. 3, pp. 705-709).




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.760-766

Article Metrics

Abstract view : 267 times
PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.