PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR DKV KELAS X DESAIN KOMUNIKASI VISUAL SMKN 2 PADANG PANJANG

Kenni Ceria Putri, Satrio Junaidi, Rini Novita

Abstract


Pada mata pelajaran Dasar-Dasar DKV terdapat dua metode yang dilakukan yaitu praktik dan teori dimana praktik pembelajaran memerlukan penggunaan komputer, dan teori di kelas dengan guru tetap menyampaikan materi dengan menyediakan buku digital melalui smartphone sebagai sumber dalam pembelajaran. digunakan dalam penelitian dan pengembangan menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. 7469 pada kelas valid dan rata-rata ahli dokumen sebesar 0,9259 pada kelas valid. Oleh karena itu, dari hasil konfirmasi ahli materi dan komunikasi dapat disimpulkan bahwa media edukasi interaktif dinyatakan valid.


Keywords


Kata Kunci : Media, R&D, ADDIE, Valid dan Praktis

Full Text:

PDF

References


Azwar, A., Helmi, J., & Zambak, MF (2020). Gunakan interpolasi fungsi transformasi pada tabel koefisien pendinginan udara. Majalah MESIL (elektronik sipil), 1(2), 90–98. https://doi.org/10.53695/jm.v1i2.104

Budi, ABS (2019). Mengembangkan alat bantu pembelajaran interaktif dengan bantuan keterampilan dasar Lectora Inspire dalam melakukan kegiatan jual beli online untuk Kelas X MP 1 SMKN 2 Buduran Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(1), 1-7. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/26446

Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Problem Based Learning (PBL) (SWP) dan Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sosiologi SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Pendidikan, 2(1), 27-34. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.56

Fatmawati, V., Copriady, J., & Haryati, S. (2017). Pengembangan alat peraga kimia berbasis Lectora Inspire 12 pada topik hidrokarbon pada kelas Xi Mia SMA/Ma Pengembangan alat peraga kimia berbasis Lectora Inspire 12 pada topik hidrokarbon pada kelas Xi Mia SMA/Ma. Majalah Online Kemahasiswaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 4(2), 1-14.

Novita, R. dan Harahap, SZ (2020). Mengembangkan mata pelajaran tentang media pembelajaran interaktif dan sistem informasi di sekolah kejuruan. Majalah Komputer, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532

Sugiyono, S., Sutarman, S., & Rochmadi, T. (2019). Mengembangkan sistem pengujian berbasis komputer (CBT) di seluruh sekolah. Majalah Informasi Bisnis Indonesia (IJUBI), 2(1), 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.839-846

Article Metrics

Abstract view : 448 times
PDF - 211 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.