PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI SMK N 1 BUNGO

Wike Agustin, Irsyadunas Irsyadunas, Haris Kurniawan

Abstract


Media pembelajaran sangat diperlukan dalam kelas karena sangat membantu siswa dalam belajar. Media pembelajaran yang mudah dipahami adalah media pembelajaran yang mengandung kombinasi unsur teks, gambar, grafik, suara, video, animasi. Dengan Media pembelajaran yang bersifat interaktif sangat diperlukan saat proses pembelajaran karena tidak semua  materi pelajaran    ini    dapat dipahami dengan hanya  membaca  namun  memerlukan  media  dalam  menampilkan sesuatu yang bersifat abstrak yang sulit dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif di SMK N 1 Bungo yang valid dan praktis dalam implementasinya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and development (R & D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analisis,  Desain, Pengembangan dan Evaluasi. Hasil validasi media oleh ahli media memperoleh nilai rata-rata 0,93 dengan kategori “valid”, sedangkan hasil validasi materi oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata 0,89 dengan kategori “valid”. Hasil praktikalitas oleh guru didapatkan nilai rata-rata 87,92% dengan kategori “sangat valid”, untuk hasil praktikalitas siswa memperoleh nilai rata-rata 81% dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil penelitian maka media pembelajaran interaktif yang dikembangkan di SMK N 1 Bungo dinyatakan valid dan praktis

Learning media is very necessary in the classroom because it really helps students in learning. Learning media that are easy to understand are learning media that contain a combination of elements of text, images, graphics, sound, video, animation. With interactive learning media it is very necessary during the learning process because not all of this subject matter can be understood by just reading but requires media to display something abstract that is difficult for students to understand. This study aims to develop interactive learning media at SMK N 1 Bungo that are valid and practical in their implementatio n. This research uses Research and development (R & D) research with the ADDIE development model which consists of 5 stages, namely, Analysis, Design, Development and Evaluation.The results of media validation by media experts obtained an average value of 0.93 in the "valid" category, while the results of material validation by material experts obtained an average value of 0.89 in the "valid" category. The results of practicality by the teacher obtained an average value of 87.92% in the "very valid" category, for practical results students obtained an average value of 81% in the "very practical" category. Based on the results of the research, the interactive learning media developed at SMK N 1 Bungo are declared valid and practical.


Keywords


Kata Kunci: Media pembelajaran interaktif, model ADDIE  

Full Text:

PDF

References


Astriani, S., Astuti, I., & Mering, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran lectora inspire untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 10(2), 160–168. https://doi.org/10.31571/saintek.v10i2.2006

Irsyadunas, Marry, T., Maizeli, A ., & Lina, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pemahaman Sintak Model Pembelajaran Abad 21 Berbasis Mobile. Riset Fisika Edukasi Dan Sains, 8.

Mourend Devegi, H. kurniawan, R. A. D. (2023). Implementasi Aplikasi Web Based Learning Dengan Media Video Tutorial Pada Mata Kuliah Jaringan Komputer. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(2), 460–469. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i2.1119

Mulyono, H., Irsyadunas, I., & Rahman, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Pada SMK N 1 Tanjung Baru. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 149–154. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1921

Sugiyono. (2017). Metode penelitian. alfabeta cv.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.731-736

Article Metrics

Abstract view : 511 times
PDF - 313 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.