PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
Abstract
Materi bangun ruang sisi datar menjadi kendala dalam mata pelajaran matematika dan kurangnya penggunaan media berbasis teknologi untuk membantu proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android menggunakan Smart Apps Creator yang valid pada materi bangun ruang sisi datar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu research and development (R&D) dengan model Plomp (2013). Tahap yang digunakan dalam penelitian ini hanya 2 tahap yaitu preliminary research dan prototyping phase yang merangkap sampai uji validitas. Instrument yang digunakan dalam penelitian yaitu angket validitas dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil validasi media pembelajaran oleh validator, didapatkan nilai akhir 95% dengan kategori sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis android menggunakan Smart Apps Creator pada materi bangun ruang sisi datar telah teruji kevalidannya untuk digunakan oleh guru dan siswa sebagai media pembelajaran bangun ruang sisi datar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Edriati, S., Husnita, L., Amri, E., Samudra, A. A., & Kamil, N. (2021). Penggunaan Mit App Inventor untuk Merancang Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 652–657. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i4.6648
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97.
H Helly, A. M., Lagu, D. B., & Blegur, I. K. S. (2022). Pemanfaatan Smart Apps Creator sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02), 158–168. https://doi.org/10.28918/circle.v2i02.6101
Haviz, M. (2016). Research and Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna. Ta’dib, 16(1). https://doi.org/10.31958/jt.v16i1.235
Jaiz, M., Vebrianto, R., Zulhidah, Z., & Berlian, M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Smart Apps Creator pada Pembelajaran Tematik SD/MI. Jurnal Basicedu, 6(2), 2625–2636. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2428
Kodi, A. I., Hudha, M. N., & Ayu, H. D. (2019). Pengembangan Media Flipbook Fisika Berbasis Android untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Topik Perpindahan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Jurnal) SNF2015, 1–8.
Nurmala, Izzatin, M., & Mucti, A. (2019). Desain pengembangan buku saku digital matematika smp berbasis android sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Borneo, 6, 4–17.
Parnabhakti, L., & Ulfa, M. (2020). Perkembangan Matematika Dalam Filsafat Dan Aliran Formalisme Yang Terkandung Dalam Filsafat Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 11–14. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.154
Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). Educational Design Research (T. Plomp & N. Nieveen (eds.)). Enschede.
Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data Dalam Aplikasi Statistika (Z. Arifin (ed.); Cet. 5). Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development. Alfabeta.
Yusri, R., & Husaini, A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Microsoft Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Kelas X MA KM Muhammadiyah Padang Panjang. JURNAL IPTEKS TERAPAN, 1, 1–8.
DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.1018-1026
Article Metrics
Abstract view : 625 timesPDF - 176 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.