PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI

Lidya Khofifah Turohmah, Acep Nurlaeli, Abdul Kosim

Abstract


Komunikasi organisasi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan antar individu dalam suatu organisasi, baik secara formal maupun informal.Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan secara efektivitas dalam peran komunikasi organisasi terhadap lembaga pendidikan Islam di era globalisasi. Penelitian ini mengacu komunikasi organisasi para guru dan stakeholder. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni berupa alat dan bahan, seperti berbagai buku dan jurnal. Teknik analisis data yang digunakan adalah berupa kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan bahwa peran komunikasi organisasi cukup dibutuhkan dalam melakukan organisasi dan efektivitas dalam lembaga pendidikan Islam di era globalisasi. Problema yang dihadapi lembaga pendidikan Islam menghadapi era globalisasi adalah manajemen madrasah yang kurang optimal. Sedangkan untuk komunikasi yang efektif bisa ditampilkan sejak fasilitas optimal serta lembaga madrasah, mutu serta kelebihan dari lulusan begitu juga kepercayaan dari stakeholder. Oleh karena itu, keterampilan komunikasi organisasi untuk para personil lembaga pendidikan Islam akan sering meningkatkan supaya semacam ini pasti guna maupun pemberian keahlian serta efektivitas komunikasi saat menciptakan perolehan peran pendidikan di lembaga pendidikan Islam.


Keywords


Komunikasi Organisasi, Efektivitas, Lembaga Pendidikan Islam, Globalisasi.

Full Text:

PDF

References


Ali, O., & Demiray, G. (2019). Study of the Relationship Between School Manager’s Communicative Skills and Schools’ Atmosphere. Journal of Education and Learning, 8((2)), 145–164.

Ali, O. & D. G. (2019). Study of The Realtionship Between School Manager’s Communicative Skills and School’s Atmosphere. Journal of Educational and Leraning, 8((2)), 145–164.

Asmawati, E., & Bintang Kejora, M. T. (2020). The Effect of Using Simple Aircraft Concrete Media on the Mastery of Concepts in Inquiry Science Learning in Elementary School Students. MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 12(2), 150–168. https://doi.org/10.18326/mdr.v12i2.150-168

Barnard. (1958). No Title.

Battilana. (2010). No Title.

Byrness. (1965). Komunikasi Interaksi Sosial. 243.

Chester Barnard. (1958). No Title. Ta’dib, 8.

Hidayat, & P. (2018). Kepuasan Kerja Guru dan Peran Kepemimpinan Pendidikan. Manajemen Pendidikan (JMP), 7((3)), 248–264.

Kejora, M. T. B., Fahmi, I., & Pahlevi, M. R. (2021). Pelatihan Dasar Kepemimpinan Berbasis Alqur’an Dan Skill Abad 21 Bagi Remaja Santri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6716–6725. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2014%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2014/1823

Mahfuzhah H., & A. A. (2018). Media Publikasi Humas dalam Pendidikan. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2((2)), 137–149.

Sabrina, F. F., Darmiyanti, A., & BK, M. T. (2020). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 239. https://doi.org/10.24252/idaarah.v4i2.16740

Saputra, B. A. K. A., Akil, & Kejora, T. B. (2021). Pengaruh Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 5840–5847.

Schramm. (1982). The Process and Effect of Mass Communication. University Of Illinois Press.

Swick, K. J. (2003). Communication Concepts for Strengthening Family-School-Community Partnerships. Early Childhood Education Journal, 30((4)), 275–280.

Taufik, M. (2020). Strategic Role of Islamic Religious Education in Strengthening Character Education in the Era of Industrial Revolution 4.0. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 20(1), 86. https://doi.org/10.22373/jiif.v20i1.5797

Trianto. (2014). Pengantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.699-707

Article Metrics

Abstract view : 701 times
PDF - 384 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.