MANAJEMEN TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN LAYANAN AKADEMIK SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KARAWANG

Mashuriyah Mashuriyah, Abubakar Umar, Yadi Fahmi Arifudin

Abstract


Prosedur pelayanan pendidikan mewujudkan hal yang terutama yang harus diperhatikan. Dikarenakan Pendidikan sendiri menjalankan suatu bagian yang bergabung dengan menyediakan jasa. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan manajemen tata usaha dalam meningkatkan layanan akademik siswa di MAN 2 Karawang. Teknik penggumpulan data memerlukan pengamatan, tanya jawab dan pengumpulan. Adapun narasumber pada pengkajian ini yaitu kepala sekolah, kepala tata usaha, staff tata usaha dan peserta didik MAN 2 Karawang. Teknik analisis data dengan reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Menurut hasil penelitian: (1) perencanaan manajemen tata usaha dalam meningkatkan layanan akademik siswa seperti: pembentukkan program kerja tata usaha dalam rapat kerja tahunan yang dihadiri kepala sekolah, kepala tata usaha dan staff tata usaha. (2) pengorganisasian manajemen tata usaha dalam meningkatkan layanan akademik siswa yang terdiri dari tujuh bidang kepala arsip, operator KP & KU, operator emis, Staff Tata Usaha Bagian Layanan Akademik, Staf Tata Usaha Bagian Keuangan, Staf Tata Usaha Bagian Surat Menyurat Peserta Didik, dan Staf Tata Usaha Bagian Surat Menyurat Tenaga pendidik dan Tenaga kependidikan. (3) pelaksanaan manajemen tata usaha untuk meningkatkan layanan akademik belum cukup baik, hal ini dilihat kurangnya kedisiplinan dari staff tata usaha. Selain itu, pelaksanaan manajemen tata usaha sudah sesuai dengan tahap perencanaan yang telah dirumuskan hal ini dibuktikan dengan pelaksanaan program kerja yang terlaksana dengan kebutuhan tahun ajaran baru. (4) pengawasan manajemen tata usaha untuk meningkatkan layanan akademik sudah cukup baik bisa dilihat dari hasil evaluasi yang dilaksanakan berkala dari harian hingga tahunan.


Full Text:

PDF

References


candra wijaya dan muhammad rifa’i. (2016). dasar - dasar manajemen. perdana publshing.

Nyoman Rinala, M. Y. & N. N. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan Akademik Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Pariwisata Nusa Dua Bali. Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Orberg, C.P. (2002). Managing Maintenance as a Business. 2 Oktober 2008. http://www. maintenanceceresources.com/ReferenceLibrary/ezine/epac.html.

Richlah Faizah. (2021). Penerapan Manajemen Tata Usaha Dalam Mendukung Layanan Akademik Siswa di MAN 1 Malang. Uin Malang.

Robihim, N. D. S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Universitas Darma Persada. Unsada, VIII.

sugiyono. (2018). metode penelitian kuantitatif, kualitatf dan RxD (sutopo (ed.); 3rd ed.). alfabeta.

suharsimi arikunto. (2011). prosedur penelitian. rineka cipta.

surah al maidah : 2. (n.d.). https://tafsirweb.com/1886-surat-al-maidah-ayat-2.html#:~:text=2. Wahai orang-orang yang beriman%21 Janganlah kalian menghalalkan,serta hindarilah larangan-larangan tanah haram%2C seperti berburu binatang.

yadi fahmi arifudin, fadillah aisyah amini. (2018). Konsep Pedidikan Islam Menurut Syaikh Taqiyuddin An-nabhani Dalam Buku Nidham Al-islam. Tar Biyat Al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.682-689

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.