PENGARUH PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL TERHADAP MINAT BACA PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI MTS AL-FATHIMIYAH KARAWANG)

Tamia Agnestina, Abubakar Umar, Yadi Fahmi Arifudin

Abstract


Perpustakaan sekolah merupakan aspek penting yang harus dikelola secara profesional oleh satuan pendidikan dengan menyesuaikan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Hal ini berdasarkan Undang-Undang tentang perpustakaan Nomor. 43 Tahun 2007 pasal 23 ayat 1. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengelolaan perpustakaan digital, minat baca dan pengaruh pengelolaan perpustakaan digital terhadap minat baca peserta didik di MTs Al-Fathimiyah Karawang. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto, melalui teknik pengumpulan data kuesioner dengan sampel sebanyak 81 peserta didik. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis statistik deskriptif, uji persyaratan analisis data dan analisis statistik inferensial/hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dapat diketahui pengelolaan perpustakaan digital dengan nilai persentase sebesar 75%, dan minat baca dengan nilai persentase sebesar 62%, keduanya berada pada kategori sedang (cukup baik). Berdasarkan hasil dari kedua uji hipotesis pada penelitian ini (Uji T dan Uji Regresi linear sederhana) dapat simpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel pengelolaan perpustakaan digital (X) terhadap minat baca (Y). Hal ini dapat dilihat dari nilai Thitung > Ttabel yaitu 8,847 > Ttabel 1.664 untuk taraf signifikansi 5% maka diperoleh nilai r = 0,705, sehingga dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya semakin tinggi pengelolaan perpustakaan digital maka minat baca peserta didik akan meningkat, dan begitu pula sebaliknya.


Keywords


Pengelolaan, Perpustakaan Digital, Minat Baca

Full Text:

PDF

References


Deasy, Damayanti lisa, Hidayati Dian, and Okki Mandasari. 2020. “Digital Library: Upaya Mewujudkan Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi.” 1(2): 37–44.

Ibrahim, Andi, dkk. 2018. “Metodologi Peneltian.” In Makassar: Gunadarma Ilmu.

Kurniawan, Agus Yazid. 2016. “PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DIGITAL DI SMA NEGERI 1 YOGYAKARTA.” : 19.

Mardianto, Reno Sayekti. 2019. Perpustakaan Digital. 1st ed. Medan: Perdana Publishing.

Muslimin. 2017. Menumbukan Budaya Literasi Dan Minat Baca Dari Kampung.

Undang-undang perpustakaan No. 43 Tahun 2007 pasal 23 ayat 1

Sandu Siyoto dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. 1st ed. ed. Ayup. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Widayanti, Yuyun. 2015. “Pengelolaan Perpustakaan Digital.” : 126–27.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.659-669

Article Metrics

Abstract view : 441 times
PDF - 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.