STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH TSANAWIYAH NIHAYATUL AMAL PURWASARI

Wiqoyatul Fauziah, Acep Nurlaeli, Abdul Kosim

Abstract


Pendidikan merupakan instilasi yang berperan dalam menegmbangkan dan menciptakan manusia yang memiliki pengetahuan serta karakter sebagai perubahan dan pembekalan nilai positif pada dirinya agar menjadi lebih baik. Pendidikan sendiri memiliki tujuan yang terdiri dari sistem pendidikan Nasional dalam mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, sehat, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang terintegrasi serta bertanggung jawab . Akan tetapi proses dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan pasti memiliki kendala tersendiri yang perlu diatasi agar tidak menghambat tercapainya tujuan yang telah ditentukan.Hal ini ditunjukan dengan kondisi karakter peserta didik yang kurang baik terhadap teman maupun orang sekitar, Sehingga dengan adanya hal ini Kepala Sekolah sebagai tripusat memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan dan penguatan terhadap karakter peserta didik. Tujuan Penulis dalam menulis artikel ini ialah untuk dapat mengetahui upaya Kepala sekolah dalam Strategi Penguatan Pendidikan Karakter yang dilakukan di MTs Nihayatul Amal Purwasari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan wawancara, dilanjutkan dengan analisis data.Hasil dari Penelitian ini Strategi Kepala sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter dapat dilakuan dengan menggunakan Strategi kepemimpinan yang dapat memimpin bawahan seperti guru, dan staf kependidikan lainya, untuk menyelaraskan visi dan misi agar dapat mencapai Tujuan.


Keywords


Kata kunci: strategi, kepala sekolah, penguatan pendidikan karakter

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

KPAI. (2020). Update Data Infografis Komisi Pelindungan Anak Indonesia 2020. Jakarta Online (https://www.kpai.go.id/publikasi/infografis/ update-data- infografis-kpai-per-31-08-2020) diakses 12 juli 2023.7.

Sudarwan Danim, 2010, profesionalisasi dan etika profesi guru, alfabeta Bandung.

Suparman, 2019, Kepemimpinan Kepala Sekolah dan guru, Uwais inspirasi Indonesia.

Hanafi, adu, muzakki, 2019, profesionalisme guru dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran di sekolah, yogyakarta:deepublish.

Deden Suryana, 2022, Pembelajaran Akidah Akhlak dalam membina karakter siswa di MTsN 5 Karawang. Jurnal PeTeKa.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.611-616

Article Metrics

Abstract view : 293 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.