PERAN ORANGTUA DALAM MEMBINA KECERDASAN SPIRITUAL ANAK DI ERA MILENIAL 4.0

Fitri Ainun Fadilah, Astuti Darmiyanti, Jaenal Abidin

Abstract


Penelitian ini berfokus pada peran orangtua dalam membangun kecerdasan spiritual anak di era milenial 4.0. pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian berdasarkan tempatnya, hal ini merupakan jenis penelitian kepustakaan atau studi pustaka yang memeriksa literatur, khususnya penelitian sebelumnya, jurnal, dan sumber lain yang tersedia di perpustakaan. Keluarga adalah wadah dan tempat pertama anak-anak belajar kecerdasan spiritual anak. Dalam kehidupan, kecerdasan spiritual sangat penting untuk menjalani hidup yang kekal dan damai. Pendidikan spiritual anak adalah mandat Allah kepada setiap orangtua untuk mendidik dan menjadi teladan bagi pertumbuhan spiritual anak-anaknya, karena orangtua mempunyai kewajiban dalam mendidik, mengasuh, membimbing anak-anaknya dalam mencapai langkah tertentu yang membawa anak-anak untuk siap dalam kegiatan bermasyarakat. orangtua harus melakukan hal-hal berikut untuk membangun kecerdasan spiritual pada anak diantaranya: melibatkan anak-anak dalam kegiatan keagamaan, membaca puisi atau lagu yang inspiratif dan spiritual, mengajak anak-anak untuk menikmati keindahan alam, ikut serta dalam kegiatan sosial dan menjadi cermin positif bagi mereka. Kecerdasan spiritual menjadi peranan penting sebagai landasan pendidikan selanjutnya, khususnya dalam menyelesaikan masalah pendidikan pada era 4.0. Karena pada hakikatnya kecerdasan spiritual fitrah manusia memberikan kecerdasan jiwa manusia, yang terkait dengan agama dan aspek tauhid, yang dapat membantu seseorang membangun jati dirinya sebagai manusia sejati.


Full Text:

PDF

References


Agus, H. (2019). Peranan orangtua dalam membina kecerdasan spiritual anak dalam keluarga. RAUDHAH Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 27-41.

Aslan. (2019). Peran pola asuh orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania.

Darmadi. (t.thn.). Kecerdasan spiritual anak usia dini dalam cakrawala pendidikan islam. Guepedia.

Erzad, A. M. (2017). Peran orangtua dalam mendidik anak sejak dini di lingkungan keluarga. ThufuLA.

Muthmainnah. (2012). Peran orangtua dalam menumbuhkan pribadi anak yang Androgynius melalui kegiatan bermain. Jurnal pendidikan anak.

Nahriyah, S. (2018). Tumbuh kembang anak di era digital. Risalah.

Ningrum, L. K. (2019). Peran orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar anak dikelurahan margprejo 25 polos kecamatan metro selatan. IAIN Metro.

Novrinda, Kurniah, N., & Yulidesni. (2017). Peran orangtua dalam pendidikan anak usia dini ditinjau dari latar belakang pendidikan. Potensia, 40-45.

Rahayu, P. (2019). Pengaruh era digital terhadap perkembangan bahasa anak. Al-Fathim.

Rifai, A. (2018). Peran orangtua dalam membina kecerdasan spiritual. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam.

Ruli, E. (t.thn.). Tugas dan peran orangtua dalam mendidik anak. Edukasi Nonformal, 144-145.

Sofiyah, S. (2019). Kecerdasan spiritual anak; dimensi, urgensi dan edukasi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 220-236.

Sukiman, Utami, A. B., Suwaryani, N., Safitrie, P., Sutrisno, A., Mangunwobawa, A. A., et al. (2016). Menjadi orangtua hebat, untuk keluarga dengan anak usia SMA/SMK. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tefbana, A. (2021). Peran orangtua mendidik spiritual anak di Era Revolusi Industri 4.0 berdasarkan ulangan 6:4-9 (Tinjauan teologis dan pedagogis dalam pendidikan agama kristen). Luxnos, 118-130.

Umroh, I. L. (2019). Peran orangtua dalam mendidik anak sejak dini secara islami di era milenial 4.0. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Isla, 209-224.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.599-610

Article Metrics

Abstract view : 259 times
PDF - 142 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.