MANAJEMEN PENDIDIKAN UNGGUL BERBASIS MADRASAH (MBM) PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 KARAWANG

Sekar Ayu Widiastuti, Akil Akil, Kasja Eki Waluyo

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pendidikan berbasis madrasah, kegiatan belajar mengajar, proses evaluasi madrasah, kurikulum dan kompetensi yang digunakan, serta standar kelulusan Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang. Mengenai tempat dilakukannya penelitian ini yaitu di Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang, metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan metode analisis deskriptif melalui penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Informan penelitian ini adalah asisten direktur bagian kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Proses Evaluasi Diri Madrasah (EDM) berfokus pada evaluasi mutu pendidikan di tingkat madrasah dengan menggunakan delapan indikator utama yang dikaitkan dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kurikulum Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang berpedoman pada Kurikulum 2013 dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Karawang memiliki Penilaian Madrasah mandiri yang disupervisi langsung oleh Kepala Sekolah. 


Full Text:

PDF

References


E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004)

Hadiyanto, Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan di Indonesia (Jakarta: Rineka Cipta, 2004), h. 63.

Imzakiah (2014) Dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 tahun 2005, Standar Nasional Pendidkan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

M. Sobery Sutikno, Manajemen Pendidikan Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan yang Unggul: Tinjauan Umum dan Islam (Lombok: Holistika, 2012), hlm v

Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009), hlm 13

Mulyasa, Pedoman Manajemen Berbasis Madrasah (Jakarta: Departemen Agama RI, 2005), hlm 3

Nur Munajat, (2016) Kebijakan Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam, Volume 8,Nomor 2,Desember 2016

Rozikun, Ahmad & Najamuddin, Strategi Perencanaan Manajemen Berbasis Madarasah (MBM) di Tingkat Menengah (Jakarta: Lista Fariska Putra, 2008), hlm 4

Zamroni, Paradigma Pendidikan Masa Depan (Cet. I; Yogyakarta: BIGRAB Publishing, 2000), h. 21.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i4.585-589

Article Metrics

Abstract view : 237 times
PDF - 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.