PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN SMK MUHAMMADIYAH 1 PADANG

Nifa Awalia Mahdi, Ade Pratama, Irsyadunas Irsyadunas

Abstract


Permasalahan yang ada pada mata pelajaran informatika materi jaringan komputer dan internet persentase ketidak tuntasan siswa kelas X dalam ujian uts di atas 50%,belum adanya media pembelajaran berbasis android yang dijadikan sebagai media pendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis android yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini berjumlah 14 orang siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata uji validitas ahli media sebesar 0,69 dengan kategori valid dan ahli materi sebesar 0,85 dengan kategori valid. Untuk uji praktikalitas terhadap respon guru mencapai 94.58% dengan kategori sangat praktis dan untuk respon siswa mencapai 91% dengan kategori sangat praktis Kesimpulan berdasarkan penilaian beserta masukan dari ahli media dan ahli materi serta hasil uji coba lapangan media pembelajaran interakti berbasis android telah teruji kelayakannya dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran Informatika


Keywords


Interactive Learning Media, Based on Android, Valid and Practical, R&D, ADDIE.

Full Text:

PDF

References


American Psychological Association. (2010). Publication manual of the American Psychological Associatiin (6 ed.). Washington, DC: Author.”(Jenis: e-book)

Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. (2005). How people learn: Brain, mind, experience and school Retrieved from https://www.nap.edu/catalog/9853/how-people-learn-brain-mind-experience-and-school-expanded-edition (Jenis: artikel jurnal dengn lebih dari 6 pengarang)

Fuchs, L. S., Fuchs, D., Kazdan, S., Karns, K., Calhoon, M. B., Hamlett, C. L., & Hewlett, S. (2000). Effects of workgroup structure and size on student productivity during collaborative work on complex tasks. The Elementary School Journal, 100(3), 183-212. doi: 10.2307/1002151

Janssen, J., Kirschner, F., Erkens, G., Kirschner, P. A., & Paas, F. (2010). Making the black box of collaborative learning transparent: Combining process-oriented and cognitive load approaches. Educational Psychology Review, 22(2), 139-154. doi: 10.1007/s10648-010-9131-x

Madya, S. (2011). Teory dan praktik penelitian tindakan (actionresearch). Bandung: Alfabeta.

Nurgiyantoro, B., & Efendi, A. (2013). Prioritas penentuan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran sastra remaja. Cakrawala Pendidikan, XXXII(3), 382-393. doi: 10.21831/cp.v3i3.1626




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i3.519-524

Article Metrics

Abstract view : 735 times
PDF - 473 times

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.