STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SDN ADIARSA BARAT 3

Seila Alya Nabila, H. Masykur H. Mansyur, Jaenal Abidin

Abstract


Dalam suatu pengelolaan kelas tentulah sangat penting adanya strategi pengelolaan kelas apa yang guru akan gunakan dalam pembelajaran yang kondusif dan nyaman, menetapkan pengelolaan kelas merupakan hal yang sangat penting bagi setiap pembelajaran termasuk pembelajaran Pendidikan Agama Islam seperti adanya kenyamanan murid dengan guru dalam proses pembelajaran. Pengelolaan kelas yang menjadi kenyamanan proses pembelajaran tersebut dalam meningkatkan pembelajaran yang kondusif. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif yang mendeskripsikan tujuan peneliti. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan pengumpulan data. Teknik analisis data diperoleh dari reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). ruang Pengelolaan kelas di sekolah SDN adiarsa Barat 3 guru Pendidikan Agama Islam telah mengatur ruang kelas dengan nyaman dalam proses pembelajaran di kelas. 2). Dalam menciptakan pengelolaan lingkungan belajar di sekolah SDN Adiarsa Barat 3 proses pembelajaran yang memaksimal mungkin guru Pendidikan Agama Islam menerapkan proses pembelajaran yang kondusif. 3). Pembinaan disiplin guru Pendidikan Agama Islam di sekolah SDN Adiarsa Barat 3 menerapkan teknik-teknik dan penerapan yang dilakukan guru terhadap murid agar disiplin dalam proses pembelajaran. Hambatan yang dihadapi di sekolah SDN Adiarsa Barat 3 yaitu murid kurang semangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Kemudian solusi dalam mengatasi hambatan tersebut guru pendidikan agama islam mendorong murid agar mau mengikuti proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Evertson C, M. & Emmer, E. (2014). Manajemen Kelas Untuk Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kadir, S. F. (2014). Keterampilan Mengelola kelas Dan Implementasinya Dalam Proses Pembeljaran. Al-Ta’dib, Vol. 7 No., 16–36.

Maryana, R., & Rachmawati, Y. (2014). Pengelolaan lingkungan belajar. Jakarta : Prenada Media.

Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 4(1), 72–94.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta : Deepublish

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Siagian, I. P., & Sari, W. N. (2022). Keterampilan Guru Dalam Konsep Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas Menurut Ahli. EMRR, Vol.1 No.2, 1–16.

Tune Sumar, W. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura Journal of Educational Management, 49–59. https://doi.org/10.37411/jjem.v1i1.105

Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. (2022). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 460. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13671

Umar, U., & Hendra, H. (2020). Konsep Dasar Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(1), 99–112. https://doi.org/10.52266/kreatif.v18i1.365

Yusuf, Susanti, R. & M. (2018). Pengelolaan Kelas Pedoman. Jurnal Pendidikan, 1(Teori, Penelitian, dan Pengembangan), 1–46.

Maryana, R., & Rachmawati, Y. (2013). Pengelolaan lingkungan belajar. Jakarta : Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v6i3.451-458

Article Metrics

Abstract view : 743 times
PDF - 284 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed By :
   

PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran)
UM-Tapsel Press : Institusional Publisher
Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Sekretariat : Jl. Stn Mhd Arief No 32 Kota Padangsidimpuan Telp (0634) 21696
http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/ptk
email : peteka@um-tapsel.ac.id

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.